14 December 2011

Security Awareness tentang Penggunaan Jejaring Sosial yang Aman


 Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita tentang situs-situs jejaring sosial yang telah banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet, seperti Facebook, Friendster, Twitter, Google+, dll. Para penikmat dunia maya menggunakan situs-situs tersebut karena kegunaannya yang sangat membantu anda  untuk berkenalan, saling berinteraksi, juga saling berbagi baik itu informasi, sampai hal-hal yang menyangkut pribadi seperti foto, hobby, relationship, bahkan alamat rumah dan tempat sekolah, juga nomor telpon pribadi. Namun dengan semua fungsi yang ditawarkan oleh berbagai situs jejaring sosial dapat mendatangkan resiko yang sangat besar, tidak hanya pada anda, melainkan dapat berimbas pada keluarga dan teman-teman anda. Salah satu kasus yang baru-baru saja terjadi ialah kasus penculikan istri WN perancis yang disebabkan situs jejaring sosial Facebook (sumber: detik.net). Dalam newsletter ini kita akan membahas apa bahaya dan bagaimana menggunakan situs-situs jejaring soasial dengan aman.
            Adapun bahaya yang ditimbulkan oleh situs-situs jejaring sosial ialah sebagai berikut:
·        Penyerangan terhadap Anda
Beberapa situs jejaring sosial menyediakan fitur-fitur untuk membagi informasi tentang data diri anda, dari informasi tersebut orang lain bisa mengetahui tentang seluk beluk anda antara lain tempat tanggal lahir, hobi, alamat, tempat pekerjaan/study, nomor telpon pribadi, sampai kemana saja anda sering bepergian (dari status yang sering anda posting sehari-hari). Hal ini dapat mengundang kasus-kasus kejahatan seperti penculikan atau pencurian kartu kredit dengan menebak security question dari tanggal lahir  atau nama orangtua anda.

·        Membahayakan orang-orang terdekat Anda
Dalam hal ini keluarga dan teman-teman terdekat anda dapat terimbas bahaya dari situs jejaring sosial, misalkan ada pihak-pihak tertentu yang tidak suka dengan anda dan keluarga anda, pihak tersebut berpura-pura berkenalan dan menjadi dekat dengan anda, bahkan sampai password anda pun diperpinjamkan kepada pihak tersebut, hal ini dapat dipergunakan untuk memfitnah dan menyebabkan konflik internal pada hubungan keluarga dan teman anda dari situs jejaring sosial.



·        Merusak Karir Anda
Informasi-informasi memalukan yang berasal dari situs jejaring sosial dapat merusak masa depan anda, misalkan anda sedang melamar pekerjaan atau dalam proses kenaikan jabatan pada suatu perusahaan, maka pihak perusahaan  akan melakukan background check terhadap anda dari berbagai sumber yang bisa diraih, salah satunya dari situs jejaring sosial yang anda punya.
           
Untuk penggunaan situs jejaring sosial yang baik dan aman, dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah menarik bagi anda untuk meminimalisasi bahaya-bahaya yang ditimbulkan antara lain sebagai berikut:
·        Lindungin Account Anda dan gunakan Encryption pada Jejaring Sosial
Jangan pernah sekali-kali membagikan password anda kepada orang lain, hal ini untuk menanggulangi terjadinya pencurian account anda. Dan gunakanlah Encryption dalam berkomunikasi pada dunia maya, situs-situs jejaring sosial yang terkenal seperti Facebook, Twitter dan Google+ telah menyediakan fitur tersebut.

·        Berhati-hati dengan Informasi yang Anda Share
Jejaring sosial merupakan situs yang powerful dan menyenangkan, tapi berhati-hatilah dengan apa yang anda posting dan siapa yang anda percaya pada situs tersebut. Perhitungkan kembali tentang data-data yang akan anda bagi, apakah akan mendatangkan kerugian bagi anda dimasa yang akan datang, dan tinngkatkan keamanan informasi tentang siapa saja yang boleh melihat informasi data diri anda.

·        Perhatikan posting-posting tentang diri Anda
Apabila anda merasa ada postingan orang lain tentang diri anda yang merugikan, mintalah orang tersebut untuk menghapus postingan tersebut, karena apabila anda mengabaikannya terlalu lama dan anda melupakannya, maka anda tidak akan menyadari apa yang akan merugikan anda dimasa yang akan datang.

·        Berhati-hati dalam membuka link­ yang beredar
Berhati-hatilah dalam meng-click ­link yang banyak beredar di postingan orang lain atau di public page, karena dari sanalah banyak berasal virus dan worm yang akan meruugikan anda.

Oleh kelompok Manajemen Keamanan Informasi Fasilkom UI:
Ardian Wahyu Yusufi    0706271525, Indra Asmara 0706166245, Ragil Ari 0606101862, Ricki Bastiyar     0706272175, Rizal Fahlevi 205007295

4 comments:

  1. yap,,bener banget,sebenernya banyak banget dampak negatifnya,saya juga pernah baca nyampe ada yang di rampok karena fb

    ReplyDelete
  2. owhh begitu,,,
    iya gan,,
    info yang bermanfaat,,,
    makasih gan,,,

    ReplyDelete
  3. mencegah dari para perampok nih gan ...
    makasih yah ......

    ReplyDelete