03 January 2011

There are no active mixer devices available when opening volume control

          Urggggh baru pertama mengalami bahwa speaker laptop saya tidak berjalan dengan baik alias tidak ada suaranya. Padahal saya merasa tidak melakukan apa-apa. Tahu-tahu suara di laptop hilang ditelan jaman ketika saya sedang memainkan laptop, padahal sound card dan drivernya telah saya instal dengan benar di laptop. setelah saya cek audionya terus muncul error message tentang no active mixer devices ketika saya double-click pada icon volume di tray sistem windows xp saya katanya  "there are no active mixer devices available" when opening volume control" .

   
  Dan icon sounds and devices audio propertiesnya menunjukan tidak ada perngkat audio, dan semuanya berwana abu sehingga kita tidak bisa mengklik apa pun, seperti halnya berikut ini:

      Sempat bingung, tapi setelah mencari referensi cara mebetulkanya akhirnya suara di laptop saya teratasi juga. Nah, mungkin teman-teman ada yang mengalami nasib yang sama seperti yang saya alami dan tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut solusi cara mengembalikanya:
  • Ternyata masalah untuk kesalahan ini terletak pada Windows Audio Service, yang biasanya dimulai secara otomatis bila kartu suara diinstal. Namun, dalam hal ini layanan dtersebut ternyata mati/turn off. untuk itu kita harus mengaktifkan kembali layanan Windows audio tersebut. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mengaktifkan  
1)   klik run pada icon start
2)  ketik command berikut ini dan lakukan enter
  •   services.msc
3) Scroll down  Windows Audio pada sisi kanan kolom dan double-click, kamu akan melihat layar yang mirip dengan gambar berikut ini:
4.) Pastikan Startup Type diatur  ke otomatis dan klik pada tombol start di bawah service status. Layanan Windows Audio harus di restart dan error pada volume control dapat teratasi.

Selamat mencoba. semoga bermanfaat.



 




1 comment: