09 December 2011

Cerita Interview Beasiswa ke Amerika IELSP cohort 10

            Hmm... Hari ini 9 Desember 2011 gue baru selesai mengahadapi salah satu interview beasiswa. Paling deg-degan, panik, dan cukup pesimis. Kegelisahan tersebut sangat beralasan, ada sekitar 821 orang yang lolos tahap interview dari hampir mendekati 4000 pelamar (kata temen yang tanya jumlah pelamar ketika di telp buat wawancara) dan hanya ada 80 orang saja yang akan diberangkatkan menuju benua Amerika. Dan ada sekitar 70 orang anak UI yang lolos interview pada tahap ini. Bagaimana tidak angkatan gue aja (2008) dari Fasilkom yang lolos interview ke-3 orang tersebut adalah juara Mapres (Mahasiwa Berprestasi) Fasilkom UI yang tentunya sudah teruji sangat unggul dari organisasi, prestasi, dan IPK ada Ade Kurniawati, Alfira Fitrianda, dan Miftahul Khusni. Apalagi anak UI fakultas yang lain ya pastinya pada sakti-sakti T.T . Nah, terus gue? boro-boro ikutan Mapres hehehe. organisasi lumayan sih tapi biasanya cuman jadi anggota, community involment lumayan lah pernah  nebeng keluyuran, prestasi lu manyun alias sering ikut tapi sering juga kalahnya hadeuuuh, IPK au ah gelap satu ini ga menarik pokonya, toefl standar banget.

     Beasiswa ke Amrik ini biasanya cuman diambil 1 orang saja dari 1 universitas (paling banyak 2 deh dilihat dari para alumni nya jadi harus ngalahin 69 anak UI? hahaha mimpi banget....tapi ya itu lah suka banget sama mimpi-mimpi dari yang konyol dan terlampau  ketinggian walaupun ga terwujud hehe, sampe sekarang aja masih suka mimpiin kalo lagi melamun sendiri jadi power ranger biru, jadi si Takeru dengan  patamonnya sampe-sampe ke kosan di Depok gue bawa tuh mainan angemon perubahan dari patamon saking pengenya punya tuh digimon dan mimpi jadi seorang jumper yang bisa nembus kemana-mana.). Hadeuuuuh....mimpi-mimpi yang belum terwujud nih >.<

      Setelah wawancara tadi, sehabis dari ruangan agak sedikit pasrah (lebih tepatnya super pasrah sih) bagaimana tidak pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul pada saat wawancara IELSP (nama program beasiswanya) yang gue kumpulin, rangkum dan gue print menjadi 2 lembar pertanyaan super cantik dan menarik yang diperoleh dari cerita manis nan menarik para alumini beasiswa ini di blog mereka ketika wawancara dan dari teman yang sudah wawancara duluan ga ditanyain ke gue sama sekali. Hadeuuuh hayang balik ieu mah seriusan da........

      Lalu apa yang ditanyain pihak pewawancara? hanya 2 pertanyaan inti saja yang ditanyain yang diluar dugaan gue (padahal orang lain lebih dari 5 pertanyaan deh). Sebelum wawancara di tempat  mau wawancara, ada anak-anak yang udah di wawancara terlebih dahulu dan mereka bercerita ditanya keluarga mereka gimana, organisasi mereka gimana, prestasi mereka gimana, motivasi ikut IELSP apa, pokoknya yang ada di dokumen deh lengkap. Malah ada tuh anak yang sampai nangis pas wawancara. Dia cerita kalau dia pengen banget dapet beasiswa ini makanya dia akting nangis katanya, "eh tau ga gue tadi ditanya ini itu blabla dan gue sampai nangis segala dan makan waktu banyak loh, mudah2an bisa lolos ini beasiswa" katanya sih kira-kira gitu. Terus untung katanya sejak SMP pernah ikut teater jadi bisa akting. Katanya sih mudah-mudahan aktingnya meyakinkan supaya lolos beasiswa ini. Hahaha mantep banget tuh orang usahanya keren salut sampai akting nangis segala saat wawancara hihi.

    Lanjut ke pertanyaan yang ditanyain. Iya sih emang ada inti pertanyaan yang ditanyain di dokumen  karena ditulis disalah satu kolom yang cukup terpencil tapi kan itu gak umum banget ditanyain, dan jadinya ga bisa jawab dengan tepat, akurat, dan terpercaya. Ini adalah pertanyaan yang diajukan  selama wawancara itu berlangsung:

1. Hallo Cevi, please sit down (waduh mirip keluarga Punjabi banget euy bapa-bapa yang wawancarain aca aca India banget deh), well Cevi What do you know about CIMB?

euleuh? kok malah CIMB dalam hati,beda sama orang lain pertanyaanya, mungkin ini semacam "hook" kali ya dan pertanyaan lain akan menyusul. (kebetulan emang  dapet CIMB Niaga jadi wajar mungkin dia tanya itu).

Jawab:
Yes sir, CIMB is blablabla......buanyak deh cerita dan saling sahut menyahut saling bertanya jawab.......
Tanya: Ok, so what is the Meaning of CIMB such as the abbreviation?

Jawab:
- (nelen ludah dalam-dalam, waduh parah meski gue pernah dikasih tau kepanjangan CIMB saat annual gathering tapi serius lupa lagian sekarang kata pihak CIMB Niaga, CIMB ga ada kepanjanganya cuman Company Group aja). Well, sir CIMB hasn't meaning now as last annual gathering they (CIMB Niaga) told us. Tapi itu bapaknya agak penasaran dengan kepanjangan CIMB sebelumnya please tell me katanya dia tanya terus beberapa kali.
- (Astagfirullah dalam hati  beneran lupa) yaudah daripada ga selesai bapaknya nanya terus. Gue ngasal deh, If I'm not mistaken sir C is for Coorperate, I for Internationl blabla. But I'm not sure sir, I'm really forget the abrreviation. (Yang pasti CIMB kepanjangan bukan yang gue sebutin ya haha, itu salah banget)
- Dan yang paling parah dia tanya saham yang dimiliki Indonesia di CIMB Niaga ini, gue nangkepnya semacam market share deh. (adeuh emak tulungaaaaaan....mana gue lupa lagi padahal setiap annual gathering sering tuh itu dibahas market share CIMB Niaga)

jawab:
I don't know exactly sir, but CIMB Niaga is the top 5 Bank in Indonesia Now blabla.....dan gue masih ga menjawab market sharenya.

terus bapaknya masih tanya itu kira-kira berapa. Akhirnya gue jawab maybe 10% owned by Indonesia (hehehe ngarang parah da kumaha deui ateuh daripada teu dijawab sok siah mending ngira-ngira we).

Masuk nih ke pertanyaan lagi, gue udah siap-siap sambil tersenyum kepedean karena gue udah bisa nebak pertanyaan selanjutnya karena emang kata orang-orang yang sudah wawancara pertanyaannya itu lagi itu lagi yang ada di dokumen seperti motivasi, current issues, keluarga, prestasi, organisasi dll.

2. Cevi, What do you feel if you work as employer such as in Company CIMB than work by your own?
(Nah, loh kok beda hadeuuuuh....sambil bapaknya lirik2 jam dan kayaknya ingin segera menyelesaikan wawancara gue karena emg pertanyaan pertama cukup berbelit banyak makan waktu dan kita hanya punya 15 menitan untuk diwawancarain ).

Akhirnya karena waktu yang nampak mepet dan ga satupun tentang keluarga, motivasi, organisasi, dan  poin penting lainya yang bapaknya tanyain ke gue. Gue pun agak sedikit ngemeng dan nyangkut pautin sama keluarga, organisasi dan prestasi dalam waktu yang super mepet sambil bapaknya sesekali melihat jam dinding.

Well sir, because I have been contracted by CIMB Niaga hence at first I've to work with CIMB Niaga. But If i've enough salary I'll create a business in my hometown Tasikmalaya....blablabla... gue ceritain tuh gue pingin bisnis tikar mendong karena desa gue sangat potensial dengan tanaman mendongnya dan kebetulan sebelum ibu jadi pedagang warung pekerjaanya adalah seorang penenun tikar mendong, dan sekarang kakak gue yang ngelanjutin jadi penenun tikar mendong. Nah, dari situ gue sangkut pautin deh sama kondisi keluarga gue. Terus gue kuatkan argumen bahwa jadi entreupeuneur itu keren dengan pengalaman  ambil mata kuliah administrasi bisnis dan 3 kali ikut lomba binsis plan nasional meski ga pernah menang alias kalah mulu dimana 2 kali jadi finalis dan 1 kali jadi peserta saja, tapi dari situ gue cerita banyak banget pengalaman yang di dapat selama kompetisi tersebut karena dalam kompetisi tersebut biasanya ada training entreunpeuneurnya juga.

- Terus bapaknya nanya yang intinya kamu ga takut jadi entrepeuneur blablabla?
Untung deh ambil adminitrasi bisnis jadi tau arti entreupeuneur. Well sir, that a risk sir if we fail in the business as the meaning of entreupeuneur itself. Terus gue yakinin tuh bapaknya kalau wirausaha itu salah satu indiktor negara maju, at least must be 2% of citizen to be entreupeuneur so the country is called developed country. Terus gue sambungin deh sama tahun 1997 ketika inflasi atau krisis melanda. Gue cerita bahwa sektor wirausaha lah yang menjadi penolong bangsa Indonesia ketika perusahaan2 besar bangkrut. Dan gue selalu inget kata-kata Pak Mutholib dosen adminitrasi bisnis yaitu jika perusahan besar ancur ribuan bahkan jutaan karyawan akan kehilangan pekerjaan tapi jika sektor UMKM (wirausaha) ancur paling cuman 100 orang saja yang kehilangan pekerjaan. Tapi sayang gue ga bisa kaitkan sama kegiatan organisasi karena jika disambungkan agak sedikit dipaksakan dan waktunya pun sudah tidak mendukung dengan lirikan bapaknya yang sesekali mengarah ke jarum jam dinding dipojok ruangan.

Dan akhirnya Ok Agis nice to know you, happy to talk with you! dan bapaknya membukaan pintu keluar. your welcome sir sambil  berjabatan tangan.

Diluar gue ga langsung pulang dan langsung cerita sama orang-orang yang sudah dan belum wawancara dan gue ceritain kalo pertanyaan cuman 2 dan beda dari pertanyaan biasanya. mmmm... akhirnya gue pun pulang dengan jalan kaki dari FKUI salemba menuju stasiun Cikini untuk balik ke Depok sambil teraneh-aneh kok motivasi, organisasi dan point2 penting didokumen ga ditanyain ya. Dan yah....821 orang untuk 80 orang? dan 1 orang saja dari UI? pyuuuuuh...hahahaha..duka teuing ah nu penting mah parantos pancen hade pleus di dukung ku do'a indung, babaturan jeung kulawarga  ceuk simkuring dina manah sanggeus wawancara tadi teh.......sujud syukur tah ieu mah.... lamun hasil teh ya Alloh!

dan hasilnya adalah " Gak LOLOS teman teman hehehe" yadusahlah yah


2 comments: