Pages

Ads 468x60px

13 September 2012

[SHARING] Program The Complete Banker [ TCB ] PT. Bank CIMB Niaga Tbk

Saatnya sharing nih bloggers. Oke lah saya jelasin dulu ya apa yang akan saya sharing pada kesempatan kali ini. Inilah The Complete Banker atau TCB dari PT Bank CIMB Niaga Tbk. Lalu The Complete Banker itu apa? TCB adalah sebuah program pelatihan (training) yang bersifat menyeluruh untuk menciptakan pemimpin masa depan agar bisa bersaing di dunia perbankan baik nasional (Indonesia) maupun regional (ASEAN), serta untuk membangun kemampuan dasar dalam bidang kepemimpinan agar dapat menjadi bankir yang handal.

Program ini di rancang secara khusus dengan tujuan agar para calon pemimpin bisa menduduki posisi atau jabatan dalam manajemen perbankan CIMB Group. O iya program ini berlangsung kurang lebih sekitar 12 bulan,  dimana peserta akan dimonitor mengenai bakat dan kemampuan melalui program di dalam kelas, tugas proyek perbankan dan juga on-the-job training.

Nah, lanjut mengenai persyarat untuk mengikuti program The Complete Banker ini, diantaranya:

  1. Lulusan Sarjana atau Magister dengan IPK minimal 3.25 dari skala 4.00
  2. Lebih disukai jika memiliki pengalaman dalam berorganisasi yang menunjukan kualitas berikut
      1. Kepemimpinan
      2. Kemamuan yang kuat untuk belajar dan menjadi orang sukses
      3. kreatif dan inovatif
      4. Penuh semangat dan antusias
  3. Fasih baik secara tulisan maupun ucapan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan disertai nilai TOEFL dengan skor 500 atau IELTS dengan skor 6.0 atau TOEIC dengan skor 600
  4. Single, dan usia maz 27 tahun
  5. Bersedia di tempatkan di seluruh cabang CIMB Niaga
O iya setelah lulus nanti jabatan kita langsung berada di grade 9 dengan posisi sebagai Asisten Manager atau setara Asisten Manager. Gimana, tertarik?

Nah, sudah paham sekarang yang dimaksud dengan The Complete Banker dari CIMB Niaga? Lanjut ke sharing tahapan seleksi dari TCB yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya sendiri dan pengalaman teman-teman seperjuangan saya selama proses seleksi yang panjang, ya walaupun sebagian besar dari mereka tidak bisa menembus program TCB ini.
Tahapan seleksi:
1. Test Tulis
Di dalam tes tulis ini diantara adalah psikotest seperti pauli test, otak-atik angka dan huruf dan tes kepribadian, mau tau contoh soal psikotesnya? comment dulu ya dengan nama asli mu di bawah artikel ini. O iya jangan salah pada tahap psikotest ini banyak juga loh yang berguguran. Dan menurut informasi yang saya peroleh tiap psikotest ada yang sampai 700 orang yang mengikuti test, dan menurut teman saya sih katanya yang daftar TCB ini dari awal sekitar 3000 orang.  Ga percaya? sama gw juga kaget pas tahu ternyata banyak banget ya yang ikut.

2, 3. Interview HR
Nah, interview HR ini ada 2 kali yaitu HR 1 dan HR 2, tapi untung saya di interview dalam waktu bersamaan tidak seperti beberapa teman saya yang lain yang berlainan hari untuk interview HR nya jadi harus 2 kali interview HR. Yang dibahas disini adalah seputar CV, pokonya CV kita bakal diexplore abis-abisan disini dan sempet di singgung apa itu TCB. O iya semua interview ini full in English ya

4. Business Presentation
Di sini kita akan di tes untuk mempresentasikan suatu topic yang diberikan oleh pihak penyeleksi. Kalau pengalaman saya disini kita bakal dikondisikan ada dibawah tekanan selayaknya sidang skripsi. Pengalaman pribadi saya sempat dibantai dalam hal judul dimana ada 1 kata yang kurang cocok digunakan. O iya tapi selebihnya yang ditanyakan kembali lagi pada CV kita. Maka perbanyak dan perbagus lah CV selagi kuliah guys

5. Interview Head of 
Nah interview head of ini kita bisa bertemu berbeda-beda head of, tergantung kita dapat head of bagian apa. Kalau saya kemarin dapat head of business. O iya utk head of ini interviewnya menggunakan Bahasa Indonesia. Dan disini proses interview nya santai banget mungkin karena menggunakan Bahasa kali ya, dan disini saya ditanya mengenai major saya kemudian diminta menjelaskan "sistem interkasi", sistem interkasi adalah salah satu mata kuliah ilmu komputer. Tp beberapa applicant dengan head of berbeda tetap mewajibkan in English. Jadi tergantung kita dapat head of yang mana

6, 7. Interview Board of director
Disini kita akan di interview oleh para pimpinan / direktur dari CIMB Niaga, disini bisa akan ada 2 kali inteview board of director 1 dan 2. Jadi bersiap-siaplah untuk mengikuti 2 kali interview. Disini penginterview lebih menanyakan masa depan kita 5-10 tahun menjadi apa, seputar keluarga, dan lagi-lagi mengexplore CV kita.

8. Medical Check up
Nah, kalau sudah tahap ini 90% kemungkikan diterima menjadi TCB-ian sangat besar

9. Offering letter
Disini kita diminta ketersedian kita atau semacam penegasan apakah kita akan mengikuti program ini atau tidak.

Saya mengharapkan jika ada yang ditanyakan silahkan untuk berkomentar ya. Dan saya tidak akan menjawab dan menampilkan jika nama komentarnya anonymous atau spam

Selamat berjuang bagi rekan-rekan yang akan atau sedang mengikuti proses seleksi The Complete Banker dari CIMB Niaga.

Berikut adalah TCBian Batch 6:




Selain TCB, di CIMB Niaga juga ada program ITDP untuk jurusan IT, FODP untuk Finance, AODP untuk Audit, MODP untuk merchant, CoBaDP untuk corporate banking, ComBaDP untuk commercial banking, TODP untuk treasury dll.

Untuk sharing seleksi ITDP silahkan klik link ini

tcb bank niaga , tcb niaga, tcb cimb niaga

75 komentar:

  1. soal tertulis bisa di share? tulisan ini sangat bermanfaat. mksh.

    ReplyDelete
  2. Mb dr medical check up brapa hari y mb pnguman tes kshtnya?mau menuju k offering letternya?mksh

    ReplyDelete
  3. wah saya cowo bukan perempuan bela, bela sedang tes TCB? kalau saya kemarin sekitar 3 hari setelah medcheck langsung ada panggilan offering letter

    ReplyDelete
  4. halo, terima kasih sekali untuk sharing informasinya. kebetulan saya ingin mengikuti program ini. boleh saya minta contoh psikotesnya? terima kasih banyak ya, infonya sangat mendetail dan berguna! :)

    ReplyDelete
  5. Kalau soalnya kebetulan diambil kembali waktu itu jadi ga bisa di bawa soal psikotesnya

    ReplyDelete
  6. Halo, terima kasih sudah sharing info yang sangat berguna ini. Kebetulan waktu yang dekat ini saya akan mengikuti tes tertulisnya, mohon minta contoh soalnya ya, mas. Sekali lg terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Syam Bandumh _ Wah boleh nih dibagikan soal tesnya, mungkin bs minta tolong vy email : syam_hh18@yahoo.com :) Thank u

    ReplyDelete
  8. Halo,

    Mohon informasinya, setelah selesai mengikuti tahap seleksi, lalu apabila lolos dan telah pula menyelesaikan program The Complete Banker selama 12 bulan, apa saja ya kemungkinan posisi yang akan ditempati? Apakah hanya pada posisi posisi utama seperti Consumer Banking, Corporate Banking, dll atau juga bisa untuk fungsi support seperti HR, Legal, Operations, Accounting, dan sebagainya?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Halo juga anky, bisa juga kok back office seperti IT & Operation, legal & complience termasuk juga HR. cuman proporsi untuk penempatan back office lebih sedikit kalo ga salah sekitar 30% yang diassign ke sana sisanya sekitar 70% ke bisnis untuk generate money. (untuk % nya lupa sih pastinya cuman sekitar segitu lah).

    ReplyDelete
  10. boleh tau klo grade 9 itu gajinya kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
  11. salam. subhanallah bang. selamat yah. saya baru aja awal ikut. sudah psikotes, sudah interview user dan di tawari di TCB. ya bismillah aja nih untuk berjuang ke depannya. makasih yah infonya. minta YMnya atau Pinnya bang.

    ReplyDelete
  12. @winjaniAY
    Senang bisa membantu, mudah2an lolos ya. saya ga pake bb. ym saya azgi_mcs

    ReplyDelete
  13. kalau boleh tau oprec utk setiap batch nya kira2 bulan apa? setahun sekali ya? thanks.

    ReplyDelete
  14. mas, kalo bole tau, ttg persyaratan toeflnya itu kapan diperlukan? soalnya aku baru dpt sms untuk ngikutin tes awal, tapi gak ada di suruh bawa cv atw sertifikat toefl gt. thanx sblmnya yah :)

    ReplyDelete
  15. kalau oprec 1 tahun 2x sih rata-rata

    @rosmauli
    toefl kalau saya sih diminta setelah lulus, jadi pas seleksi saya mah cuman bawa CV aja

    ReplyDelete
  16. Halo..

    Baru aja dapet telfon dari Ibu Dini dari HR Recruitment untuk lanjut ke proses selanjutnya yaitu Business Presentation hari senin tanggal 14 Januari. Kepada yang sudah masuk program TCB, boleh minta tips and trick nya ga untuk business presentation ini? Trims. :)

    ReplyDelete
  17. @andika
    kalau kemarin yang nguji nanti bertanya lagi ke CV kamu malah lebih banyak ditanyain ttg CV, jadi kuasa lagi CV kamu. Good luck :-)

    ReplyDelete
  18. saya juga sama nih sama mas andika, lanjut ke business presentation. tp blm dikabarin kapan presentasinya. btw, mas agis boleh share topik pas presentasi nya ngga? makasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  19. @alief
    kalau saya dulu dikasih tentang interaction gitu, lupa panjangnya apa. Dan saya bercerita tentang organisasi pas di kampus

    ReplyDelete
  20. Hani
    apakah saya bole meminta soal tes tertulis tcb nya ?karena saya mendapat panggilan untuk tes besok, kira2 interview bhs inggrisnya mengenai apa ?..terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  21. saya ga bisa kasih soal tes tertulis karena tidak punya, dan waktu tes di ambil kembali sama CIMB Niaga. Yang bisa saya bagikan mungkin contoh perkiraan soal yang diujikan saja

    ReplyDelete
  22. bole saya tau bagaimana contoh perkiraan tes tertulisnya apa saja ?

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. @intan
    jadi pegawai tetap kok, cuman itu dia ada kontrak selama 4 tahun(termasuk 1 tahun program) dan kalau keluar dalam rentang tersebut bakal dikenakan denda. Iya lebih baik tanya pake YM aja kalau masalah lainnya mah, ditunggu :D

    ReplyDelete
  25. Mas ada email ga ya? Mau nanya2 hehe.. Thank before :)

    ReplyDelete
  26. mangga email alay saya azgi_mcs@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  27. Hi, boleh minta contoh test nya?
    gianayu@gmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete
  28. Boleh tau ga ya, waktu interview head of ditanya apa aja? Thank you

    ReplyDelete
  29. Terima kasih utk infonya aghi...saya novan,calon TCB-ian juga. Tp dari internal. Skrg sdh tahap medical check up. Semoga kita bisa sharing ilmu & experiences nantinya,kalau bertemu. Kalau boleh tau kamu batch brp ya?

    ReplyDelete
  30. iya sama-sama nova, kalau ada yang perlu dibantu mah boleh untuk sharing pengetahuan. Kalau saya batch 6 :D

    ReplyDelete
  31. Terima kasih infonya gan.... lam kenal aja smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  32. Halo kang agis,,saya Ujang dari Tangerang,,boleh minta no hape'a buat nanya2 tentang TCB niaga,,boleh ya?? Saya lihat TCB dan profil kang agis dari blog,,terima kasih sebelum'a :)

    ReplyDelete
  33. Boleh jang sudah saya info :D

    ReplyDelete
  34. Hai mas, aku mau nanya dong mas ttg toefl..
    Aku skrg uda sampe proses interview untuk TCB. Tinggal nunggu untuk proses presentasi.
    Tp ini proses nya cepet gitu mas. Dan baru tau kalo harus ngumpulin toefl besok itu ya di hari rabu kmrn.
    Karna ada tanggal merah dan kepotong weekend, jadi susah cari toefl.
    Dan toefl aku sebelumnya cuma xxx.
    Gimana yaa kira2 gitu itu?

    ReplyDelete
  35. Kalau saya sih kemarin pakai bukti sedang mengikuti tes toefl, jadi waktu itu belum bawa sertifikat toeflnya. Bilangin aja sedang ikut tes tanggal sekian dan baru keluar hasil tanggal sekian jadi kalau sudah ada baru di kasih seritifikat toeflnya. . Btw seleksi di daerah mana ana?

    ReplyDelete
  36. Aku seleksi di surabaya ni..
    Stres deh mikirin toefl..

    ReplyDelete
  37. Mas saya mau nanya. Bsk saya akan interview hrd, stlah lolos pskotes n fgd. Apa saja ya kira2 pertanyaan yg d tanyakan? Tips untuk menjawab ny bagaimana? Mohon bantuannya. Thx :)

    ReplyDelete
  38. Kalau pas interview HRD dulu saya ditanya seputar kampus, organisasi, ttg CV pokoknya karena waktu itu saya baru lulus kuliah. O iya waktu ditanya juga apa yang anda ketahui tentang TCB. Kalau tips jawab seadanya aja dan jangan dibuat-buat kalau yang interview mulai dalam bahasa Indo jangan kita jawab inggris ikuti alir penginterview aja nanti malah di sangka sombong (karena pas seleksi kemarin ckp bnyk anak overseas brg sih), dan biasakan diri untuk bersalaman setelah masuk dan jangan dulu duduk sebelum dipersilahkan duduk.

    Semoga berhasil Rio,
    Agis

    ReplyDelete
  39. Makasih mas agis. Barusan saya selesai interview panel 2org skaligus. Dan yg masuk jg 2 org skaligus. Yg ingin saya tanyakan apakah ketika d tanya "klo anda tdk d t4kan d tvb melainkan mnjadi staff/officer dlu, bgaimana anda menyikapinya?" sbaiknya jwab apa ya? Thanks infonya

    ReplyDelete
  40. eh jangan panggil mas, siapa tahu kita seumuran :D gw S1 angkatan 2008 dan baru wisuda kemarin september 2012 :D.
    Kalau gw sih jawab "Saya mencari sebuah pekerjaan dimana pekerjaan tersebut membuat saya merasa nyaman sehingga dengan pekerjaan itu saya bisa memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya untuk mengejar karier dikemudian hari. Dan jika itu tidak di TCB melainkan harus dari staff/officer saya akan senang untuk menjalankannya. Eh Btw rio lulusan mana? dan jurusan apa?

    ReplyDelete
  41. Wah iya seumuran ya hhaha :D
    Oke2 gis, thanks info nya ya. Gw lulusan universitas islam indonesia d jogja jurusan aacounting international program. Lo dlu dmn gis? Stlah hrd ada tips lain? Kmren yg masuk brg gw dy jawabny panjang lebar gan, dan bkal pertimbangin karna klo staff grade ny beda dgn tcb. Klo gw jwab ya siap aja apabila kepitusan manjemen perusahaan menilai saya lbh berpotensi berkembang mnjdi staff dlu. Kira2 mnrut agis gmn?

    ReplyDelete
  42. Gw di Ilmu Komputer UI yo, setelah HRD latihan presentasi yo biar mateng, tapi kuasai lagi CV sih jangan sampe diminta jelasin yang d CV ga lancar jadi keliatan ga sungguh2 sama kegiatan yang ada di CV tersebut. Kalau gw sih prefer ke jawaban yg kedua, tapi kan setiap penginterview punya sudut pandang masing-masing, mungkin ada faktor lain yang bakal dipertimbangin sama org yang di interview.

    ReplyDelete
  43. mas, mau nanya.. saya besok kan dapet panggilan psikotest di cimb niaga surabaya.. itu tes psikotesnya lama gak mas? trs psikotest aja atau sama tes yang lain? soalnya saya juga ada tes di tempat lain.. makasih

    ReplyDelete
  44. jangan anonymous dong, ga mau jawabin kalo koment anonymous :D

    ReplyDelete
  45. hehe.. iya maap mas.. trs itu gmn mas? psikotesnya lama gak ya? bingung ini -.-

    ReplyDelete
  46. bentar kok tesnya sekitar satu jam walaupun soalnya banyak ada 5 bagian kalo ga salah dan masing2 ada 60 soal. Itu emg sengaja soal banyak dengan waktu singkat gitu, dulu pas ngerjain juga cuman bisa setengahnya tiap bagian. psikotes doang kok nimas, kalau lolos psikotes baru ada tes lain

    ReplyDelete
  47. halo mas agis,

    salam kenal! saya annisa, salah satu peserta seleksi TCB CIMB NIAGA. saya sudah baca blog mas mengenai TCB, dan sempat beberapa kali mengontak mas lewat kaskus (di kaskus saya pakai account teman saya, 904as). terima kasih ya untuk bantuannya selama ini! saya ingin bertanya mengenai TCB nih, jadi saya pikir lewat email saja :)

    alhamdulillah saya sudah sampai tahap medical check-up mas, dan sekarang sedang menunggu kabar berikutnya. di blog mas, mas tulis bahwa kalau sudah med check, kemungkinan diterima sudah cukup besar ya.. jadi saya mulai mempersiapkan diri kalau memang diterima. banyak yang saya ingin tanyakan ke mas, hanya mungkin lebih luwes dan efektif kalau bicara langsung, ya.. apa mas keberatan kalau saya telepon mas? atau mungkin kalau lebih enak ketemuan langsung, saya bisa saja kalau mas ga keberatan. mungkin saya bisa mendatangi cabang niaga tempat mas sedang training saat mas ada waktu (lunch time/sesudah pelatihan).

    hehe, maaf ya kalau kesannya saya terlalu antusias atau forward.. hanya ingin mempersiapkan diri sebaik2nya aja. sekali lagi terima kasih banyak untuk bantuannya selama ini, ya!

    salam hangat,
    annisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah selamat ya, iya emang kalau udah medical checkup dan lolos interview direksi kemungkinannya besar banget itu.

      Btw telepon aja gpp nis kalau mau tanya-tanya mah, tapi jangan hari ini ya kalau mau telepon besok aja nis hari ini mager ngapain banget dan suara lagi rebek karena batuk hahahaha. ntar contact email dulu aja ya azgi_mcs@yahoo.co.id

      Delete
  48. Siang Pak Agis Cevi

    Pak saya Mario bsok saya ad tes tertulis di Cimb Niaga. Pak saya bole Minta tipe soalnya seperti apa? Thx Pak Agis Cevi

    Mario

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya bisa banget di kerjain kok, seriusan cuman masalah waktu aja sih yo sebenarnya karena soalnya banyak cuman di kasih waktu 4 menit perbagian

      Delete
  49. Dear Abangda,
    Saya baca informasti tentang Program The Complete Banker PT. Bank CIMB Niaga Tbk diblog abangda, dan sangat bermanfaat sekali informasinya.

    Saya berencana akan mengajukan lamaran ke PT Bank CIMB Niaga Tbk untuk posisi tersebut diatas.
    Mohon informasi lebih lanjut mengenai detail tentang point "Business Presentation". Mohonlah abangda jelaskan contohnya, berdasarkan pengalaman abangda dan mungkin teman-teman seperjuangan pada saat testing, tema apa saja kah yang ditanyakan Interviewer please.

    Kemudian pertanyaan seperti apa saja yang ditanyakan oleh Head of, Board of Director. Dan pada saat medichal check up, apa saja yang di check ?

    Saya sangat berharap sekali, agar saya dapat lulus untuk posisi TCB ini, dan besar harapan saya atas jawaban dari Abang atas pertanyaan-pertanyaan saya diatas. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw jgn panggil abang, mgkn kita seumuran mai panggil agis aja haha. Btw tanya d sms aja atau whatsapp. contact email dulu aja ya

      Delete
  50. Dear Mas Agis..
    Terimakasih untuk informasi mengenai TCB iaganya. Sanagat Bermanfat


    Saya irwan sedang megikuti proses TCB. berikutnya saya di undang pada Proses Busines Presentation. Kira-kira presentasinya berapa lama dan hal apa yang akan ditanyakan apakah full berbahasa inggris,..??

    Tks Sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalaman saya kemarin sih bisa sampe 1 jam, iya harus english, waktu itu pengujinya emang pake english. Tapi kalau pun ga bisa mendeskripsikan yang mau kita omongin dalam english, minta ijin aja jelasin maksudnya ini itu dalam indo.

      Sukses ya wan seleksinya

      Delete
  51. Hi Agis,

    My name is Mic. Sorry for using English here because I am from Malaysia.

    How is your training in the program?

    Are you still working in CIMB now?

    Can I Know what are the questions the interviewers will ask in different stages and what are the topics of the business presentation?

    Thanks and hope to heard from you soon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mic, actually I'm still training for this program. The program takes about 1 year, and it is my ninth month. Based on my experience, because i was freshgraduate and dont have job experience (except part time). They always asked me about my curriculum vitae (activity in university, achievement, organization etc).

      For business presentation, i was given a theme that is "interaction ".

      Are you join TCB Indonesia or TCB Malaysia? some of my TCB Friends come from University Kebangsaan Malaysia

      Delete
  52. Thanks Agis for your reply.

    Who is the audience for the business presentation? Are you given the theme a day in advance and how munch time do they given you to prepare? What are the criteria for them to judge you?

    During the job rotation, you will be located into different branch of the bank right or fix to one branch?

    Is all the steps 1-7 you mentioned in this article will be done in 1 day?

    I think i would join TCB Malaysia because I am not familiar with the place in Indonesia and I cannot communicate using Bahasa Indonesia.

    My problem is I am not sure whether I am suit for working in Banking industry because some functions of the bank are performed in the HQ branches. If I have the opportunity to join this program and I request to work in other states outside of the HQ branches (Malaysia has lots of states which KL is the capital and most of the bank's HQ are located in KL), my career may be being limited.

    Besides, i don't hope to do job which relate to sales.


    Could you please advise me?

    What have you learn so far in your in-class training and job rotation? Mind sharing and give me some tips to excel.

    Thank you.

    Regards,
    Mic

    ReplyDelete
    Replies
    1. the audience was "head of" (such as head of HR, head of finance etc..). I was given theme 1 day before I had to present it to head of. about the criteria i dont know exactly because i never get specific result, just an email that i passed to the next step.

      for on the job training, ya it will be rotated to different branch.

      the steps took more than 4 months for me, but it different for every candidates. the shortest process for candidate is 1 month and the longest is 5 months. It depend on availability of interviewer

      About HQ branch, hmmm... most of TCBian will be placed in HQ branch. But there are "carier aspiration session" and i think they also will consider our carrier aspiration

      I learn lot of things from this program, although i hate it at first time because i have to master everything about banking from teller to CEO, banking products, accounting, sales, capital market, operation etc. meanwhile my major in university was not related to bank. by the way what your major in university mic?

      Mic would you like to give your name on your post instead of anyonymous? just type name mic and type url which relate to you :D

      Delete
  53. Thanks Agis,

    I am majoring in accounting and finance.
    That's a lot for you to learn which I could see that.

    You have mentioned that you will be rotated in the HQ and other branches of the bank. It is meant that some of the TCBian might only rotate within the HQ department while some will rotate to different branche s of bank (either one only).

    Thanks.

    Regards,
    Mic

    ReplyDelete
  54. Bang agis bagi info dong gimana caranya ikut TCB CIMB NIAGA? besok aku ada tes tertulis di CIMB NIAGA, tapi dari rekruitment biasa. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada di job fair atau di jobstreet juga ada kok yu

      Delete
  55. bang agis, besok aku tes psikotest nih..boleh tau gak contoh soalnya gmn? thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes tulis nya seperti tes psikotes kok dan logika matematika

      Delete
  56. mau juga donk contoh tes tulisnya kayak gimana..makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes tulis nya seperti tes psikotes kok dan logika matematika

      Delete
  57. Halo kak Agiz, saya dapat undangan psikotes untuk program TCB nih,
    agak grogi saya. boleh minta contoh soalnya bagaimana gak?
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses ya irene undangan psikotesnya, logika matematika gitu soalnya, gampang kok cuman banyak doang soalnya. jadi pandai mengatur waktu aja

      Delete
  58. Selamat Pagi mas agiiss... aduh saya berminat gabung, tapi dari komen2 nya sepertinya terlihat sulit sekali ya?
    sekarang alhamdulillah saya menjadi guru di MTs swasta di jakarta, tapi saya ingin mencoba jenis profesi yang lain seperti banker misalnya, krena umur saya juga masih 22th. background pendidikan saya Sastra Inggris. apa memungkinkan saya untuk bergabung? mohon bantuan masukannya.. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi raisa, ga ada yang ga mungkin kok. Temen satu angkatan saya ada yang sebelumnya ngajar anak TK kok. Dan sekarang dia lulus program ini. O iya namun sayang raisa, untuk TCB sekarang ini dikhususkan untuk S2 dalam negeri atau S1 dan S2 luar negeri. Mungkn bisa d coba program lain seperti CoBaDp, CoMbaDP, ITDP AoDP, FoDP dll

      Delete
  59. Jessica Sharon6 April 2014 23:31

    Permisi mas, saya dapet panggilan untuk tes pertama TCB, boleh minta kirim kira2 bentuk soalnya seperti apa ke email saya di jessicasharons@gmail.com makasih ya mass

    ReplyDelete
  60. Permisi, apakah batch 9 sudah dimulai atau mungkin kapan dimulainya?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  61. Hai mas Agis, saya Toto, kebetulan besok senin 21 Apr sy dpt panggilan tes tertulis TCB di menara CIMB Niaga di jkt..boleh donk mas kirim bentuk2 tes tertulisnya, ke email yasarototonavo@yahoo.com. Trims, sukses dan lancar mnjalani program trainingnya ya mas

    ReplyDelete