20 January 2014

Perbandingan Suku Bunga KPR Konvensional dan Syariah Bank-Bank di Indonesia


Mau berbagi ilmu aja terkait perbandingan suku bunga KPR (Mortgage Interest Rate) terhadap bank yang ada di Indonesia baik suku bunga konvensional ataupun syariah. Data berikut berdasarkan analisa pada sampai dengan November 2013 (as of November 2013). 
Reverse Mortgage


Konvensional:
§  1. Perubahan suku bunga Reguler hanya dilakukan oleh CIMB Niaga (naik 75 bps), Bank BRI (naik 50 bps), Permata (naik 140 bps untuk fixed 2 tahun dan turun 25 bps untuk fixed 1 tahun), Panin (naik 50 bps) dan BTN (naik 75 bps untuk plafond <150 b="" dan="" juta="" turun="">76 bps untuk plafond >350 Juta).
§  2. Sedangkan suku bunga Reguler Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BII dan OCBC NISP tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan sebelumnya (Oktober 2013).
§  3. Suku bunga Reguler dengan jangka waktu Fixed 1 tahun yang Terendah di berikan oleh Bank Permata adalah sebesar 8.00%.
§  4. Suku bunga Floating yang Terendah diberikan oleh Bank BCA , yaitu sebesar 11.00%.


Syariah:
§  1. Perubahan suku bunga Reguler hanya dilakukan oleh Permata Syariah (naik 125 bps untuk fixed 1, 2 tahun dan naik 100 bps untuk fixed 3, 4, dan 5 tahun), BTN Syariah (suku bunga yang berlaku suku bunga flat pertahun) dan Panin Syariah (naik 300 bps)
§  2. Sedangkan suku bunga Reguler CIMB Niaga Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, Syariah Bukopin, BNI Syariah, BRI Syariah, BII Syariah dan BCA Syariah tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan sebelumnya (Oktober 2013).
§  3. Suku bunga Reguler bank syariah yang Terendah diberikan oleh BTNSyariah dengan  bunga 6.5420% flat 1-5 tahun.


-- Analisis dilakukan oleh competitve intelegen analysist CIMB Niaga --

13 comments:

  1. Sama aja dong bank syariah juga memakai sistem bunga????

    ReplyDelete
  2. kalau tabungan sih bagus nya lebih baik di jamsostek... karena suku bunga tabungan paling tertinggi di dunia... silahkan cek di mbah google..dengan judul 'tabungan bunga tertinggi di dunia jamsostek' ...

    ReplyDelete
  3. kalau bunga bank itu haram gak sih emang hukumnya ?? jadi penaasaran banget ,. terus kalau kita dapat uang dari bunga bank apa harus kita terima dan kita milikin atau harus di kasihkan kepada orang lain umpama kita memberikan zakat ?

    ReplyDelete
  4. Bener bang Abu Zaini, intinya ada bunganya juga.. trus menurut hukum islam hukumnya bunga itu gmna. Haram atau Halal ???

    ReplyDelete
  5. ya inilah sistem perbankan di Indonesia...syariah or gak kalau masih di bank yang sama jadi meragukan kemurnian syariah na...toh uang bank konvensional dan syariah bercampur...ragu jadina. rifki www.info-condotel.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. kalau ane yang penting adalah bisa lolos gak KPR/ KPA nya..h.ehehe soalnya bikin bingung sistem syariah sama konvensional di Indonesia tuh..campur aduk.
    rifki www.info-condotel.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Jelas haram lah bunga itu. Kata teman yg memahami prinsip syariah, dia kerja di bank, tp dia jg mendirikan koperasi syariah, bhw memang masih ada bank berlogo syariah, tp tidak menjalankan syariah yg sebenanrnya diaajarkan Islam. Artinya Bank syariah yg demikian faktanya msh menggunakan sistem bunga/ sistem konvensional. So, hati2... sy pun blum tau persis mana yg syariah beneran dan yg bukan

    ReplyDelete
  8. Setau sy haram. Jika ada bank syariah yg msh mirip konvensional system (bunga), apa bedanya dg sistem konvensional. Memang kata teman sy (pegawai bank di kediri, dan dia mendirikan jg Koperasi Syariah), memang kata dia msh ada bank2 syariah yg blm menerapkan sistem syariah yg bener2.

    ReplyDelete
  9. Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil...........
    Dan merupakan sistem perekonomian yang tanggup. terbukti waktu krisis melanda indonesia banyak bank konvensional yg hancur... tp bank syariah tetap bertahan sampai sekarang

    ReplyDelete
  10. Pengalaman Saya :

    Saya Realisasi Bulan Februari 2014 , KPR BTN Syariah Surabaya, Kredit : Rp. 500.000.000,- (Lima Ratus Juta) Jangka Waktu 15 Tahun, Angsuran per bulan : Rp. 6.801.700,- (kalau ditotal semuanya 180 x cicilan bisa mencapai 1 Miyar lebih..

    *Bagaimana Pendapat Admin.

    Apakah Saya Salah memilih KPR di Bank Syariah ini ? Apakah seharusnya saya memilih jangka Waktu yang lebih pendek (10 tahun) ? Atau gimana? Karena setelah realisasi saya baru menyadari bahwa semakin lama jangka waktu kredit, margin bank akan semakin tinggi dan mempengaruhi cicilan perbulannya.

    Saya sedikit menyesal kenapa tidak tau website ini sejak awal sehingga tau tata caranya.

    Apakah memang KPR BTN Syariah margin paling tinggi dari Bank Syariah Lain?

    ReplyDelete
  11. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    ReplyDelete
  12. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    ReplyDelete
  13. syariah atau konven, selama acuannya BI Rate, maka ya sama saja, sami mawon

    ReplyDelete