14 December 2011

Security Awareness dalam Jebakan URL


Link yang ada pada suatu website berfungsi untuk membantu melakukan refrensi ke website lain yang ada hubunganya dengan website yang sedang di akses internet,
link-link yang berbahaya tersebut semakin mudah disebarluaskan.
Link jebakan dapat disamarkan menjadi hal-hal yang dapat menimbulkan   rasa penasaran dan  mengajak pengguna untuk mengkliknya, misalnya dalam bentuk  gambar,  iklan,  email, atau permainan. Cara penyebaran link pun semakin beragam dan mengecoh pengguna. Jejaring sosial dan layanan email gratis merupakan media yang          paling banyak disusupi oleh link-link tersebut. Sepanjang     tahun   2010,   92 persen  dari  email  spam  berisi URL-URL. Selain itu, penggunaan link yang sudah disingkat membuat penangkal anti-spam tradisional sulit untuk memblokir  pesan berdasarkan sidik jari URL.  Website-website yang  sering  dikunjungi  orang banyak,  seperti  portal  berita, tempat upload dan download, forum online, dan        tempat belanja online, juga rentan disusupi.
Penyebar link jebakan memiliki suatu maksud, misalnya menyebarkan virus atau mencuri account orang lain. Layanan email yang disediakan oleh  Yahoo!  sempat  menjadi korban dari pemasangan link jebakan  yang  dilakukan  oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Link tersebut disamarkan dalam bentuk email pemberitahuan  mengenai  fitur baru yang seolah-olah disediakan oleh Yahoo!, yaitu Pending Message,   dimana pengguna dapat melihat email- email yang pending     karena alasan tertentu. Di dalam email tersebut         terdapat link yang terhubung ke halaman di luar Yahoo! yang didesain sedemikian rupa sehingga pengguna merasa masih berada di halaman website Yahoo!. Di halaman tersebut, pengguna akan diminta untuk           mengisi data account  mereka  di  form yang telah disediakan. Dengan demikian account Yahoo! milik pengguna akan dengan mudah dibajak  dan  digunakan  untuk hal-hal yang negatif. Contoh lainnya adalah di situs jejaring sosial          Twitter. Pengguna Twitter seringkali terjebak oleh link-link        yang namanya dipersingkat sehingga mereka menjadi penasaran mengenai isi link tersebut. Padahal link tersebut  mungkin saja berisi virus   atau spam yang membahayakan data dan komputer mereka.
Dengan semakin mudahnya penyebaran link di internet, pengguna disarankan agar lebih berhati-hati  mengunjungi  link di suatu website. Jangan mudah tergoda oleh kata-kata yang persuasif karena kemungkinan link tersebut merupakan jebakan. Selain itu, pengguna juga dihimbau untuk melakukan   langkah preventif secara teknis, seperti memasang anti-virus, anti-spam, dan firewall  untuk mencegah penyebaran virus dan spam di komputer pengguna. Jika sudah terlanjur kena, pengguna disarankan untuk segera mengamankan data dan mengganti account mereka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.



Oleh kelompok Manajemen Keamanan Informasi Fasilkom UI:
Anastasia Octaviana KD, Cevi Agis F, Istha Bena, Juliana Anita Galag, Megawati Widjadja



18 comments:

  1. makasih informasinya sangat berguna

    ReplyDelete
  2. Siipp..
    Makasih bnyak infonya...
    Sngat berguna bgt...

    ReplyDelete
  3. mesti pilih pilih juga nih...
    salam kenal ajj gan..

    ReplyDelete
  4. Wowww
    Security Awarness,. Very Good,. ,.

    ReplyDelete
  5. wahh,,link yang menjebak,,,memang sering sekali ada link kaya gitu gan,,apalagi di email,,
    terima kasih buat infonya gan,,

    ReplyDelete
  6. banyak sekali link-link jebakan,,ada kiat-kiat khusus buat menghibdari link-link jebakan tersebut,selain jangan penasaran dan asal klik?

    ReplyDelete
  7. info bagus,mantab gan..
    follow blogku jg ya gan, sama2 pecinta blogger on>> http://dhoni-ds.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. infon nya bagus sekali..
    betul sekali sekarang bvanyak link yang jebakan.
    mangkan nya harus hati hati dan selalu waspada.

    ReplyDelete
  9. Waduh mesti hati2 nih...thank for share

    ReplyDelete
  10. Terimakasih mas share nya bagus banget.. Salam sukses.

    ReplyDelete
  11. Thanks atas infonya, mau di coba dulu deh....

    ReplyDelete
  12. makin lama, makin banyak orang jahat di dunia maya...paarrrahh, padahal internet menjadi awal peradaban baru...tp di rusakoleh orang jahat....

    ReplyDelete
  13. karena tiap orang pya kebutuhan yg berbeda maka terciptalah baik dan jahat

    ReplyDelete
  14. emang skrang bnyk link2 yg menjebak, harus hati2 dehhh

    ReplyDelete
  15. virus semakin merajalela yach...
    semakin bagus anti virus maka akan semakin terus berfikir orang2 yang membuat virus..

    ReplyDelete
  16. mampirrrr Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda - Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda kini tersiar kabar bahwa pabrikan motor asal Jepang itu sudah meluncurkan seragam baru bagi Honda Click 100i yang membuatnya tampil lebih keren.

    ReplyDelete