Pages

Ads 468x60px

19 September 2010

Belajar Memainkan Suling Sunda

Kemerduan suara yang ditimbulkan oleh setiap tiupan pada suling sunda membuat orang-orang yang mendengarkanya terhanyut dalam suasan desa pasundaan sehingga banyak orang yang berminat untuk belajar suling sunda, baik itu dari kalangan pelajar, masyarakat umum baik orang sunda asli atau orang lain yang ingin memepelajari memainkan suling sunda, berikut adalah sebuah video bagaimana memainkan suling sunda yang merdu yang di bawakan oleh E. sunandar seorang tokoh sunda yang terkenal mahir dalam memainkan seruling sunda dan pernah mementaskannya ke luar negeri.
Hayu Belajar Suling Sunda !!!
                                video 
jika berminat untuk menggunduh / mendownload nya silahkan download di sini 
 video cara bermain seruling sunda nya. Semoga bermanfaat  bagi yang mau mempelajari teknik bermain suling tradisioal ini. 
untuk download cara bermain suling sunda lainya download disini

O iya suling sunda digunakan biasanya sebagai instrumen utama dalam kacapi suling dan instrumen pelengkap dalam gamelan degung untuk tembang sunda. O iya suling sunda terdiri dari 2 kategori pertama yang berlubang 4 dan ada juga yang berlubang 6.

Dalam musik sunda dikenal juga beberapa alunan nada:
1. Laras Pelog Degung
da mi na ti la da [ 1 2 3 4 5 1] atau selaras dengan do si sol fa mi do

2. Laras Madenda atau Sorog
da mi na ti la da [ 1 2 3 4 5 1] atau selaras dengan fa mi do si la fa


3. Salendro
da mi na ti la da [ 1 2 3 4 5] atau selaras dengan re do la sol fa re

4. Mandalungan
yang ini jarang sekali digunakan

Nah, berikut bagaimana cara menutup lubang saat memainkan suling sunda


dan lebih jelasnya berikut adalah contoh dalam menggunakan jari pada suling sunda untuk laras pelog

selamat belajar teman-teman


--------------------------- Jual Suling Sunda -----------------------
Kalau berkenan untuk membeli suling sunda bisa kirim pesan ke alamat e-mail saya azgi_mcs@yahoo.co.id harganya 25 dan 50 ribu blm termasuk ongkos kirim.

Berikut foto suling sunda yang saya jual:



berikut testimoni dan foto dari orang-orang yang pernah pesen suling:

- Nanang, Padang --
quote "terima kasih kang agis kiriman suling sudah sampai di padang dan sudah saya terima.untuk suling yg di kirim saya merasa sangat puas karena,pengemasan dan pembungkusannya sangat safety sehingga suling tersebut aman terhadap guncangan atau bantingan di saat perjalanan expedisi atau cargo"lainnya.dgn pipa pembungkus seruling akan senantiasa aman terhadap berbagai guncangan.terima kasih kang agis.sukses selalu."

66 komentar:

  1. Wah keren kawand.
    I follow you no 26

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. MANTAP...MAJU TERUS KESENIAN NUSANTARA,,,

    ReplyDelete
  4. Pak, apakah ada video2 lainnya? saya mau belajar cara memainkan suling sunda.

    bagi temen2 lain yang punya informasi boleh donk di share.
    berikut email saya.

    mcfbcmnfsz1@yahoo.co.uk

    oh ya pak sukandar, boleh tidak bapak mengajarkan saya suling sunda. apa bpk punya id skype? terima kasih byk sebelumnya.

    ReplyDelete
  5. @firmangasa
    ditunggu aja ya, jangan panggil bapak dong saya masih 20tahun hehe,panggil akang kayaknya lebih seru hehe

    ReplyDelete
  6. siip mari kita sama-sama mencintai dan melestarikan musik Tradisional kita...
    Salam kenal semuanya...

    ReplyDelete
  7. Akang, itu jenis serulingnya apa ya?? Saya kurang tau, tapi katanya ada banyak, saya mau beli seruling yang seruap takutnya salah sehingga suaranya beda, gimana menurut akang???

    ReplyDelete
  8. @atas
    kebetulan saya dulu pernah salah beli suling juga. Karena sebelumnya saya pikir suling sunda yang saya pelajari dari SD sampe SMP ya suling sunda itu ga ada yang lain. eh pas pesen suling sunda ternyata yang dikirim malah yang berlubang 4, kata penjualnya(org jakarta sih) suling sunda ya itu yang berlubang 4, tapi saya keukeuh soalnya yang saya pelajari dari sekolah ya suling sunda itu berlubang 6. eh pas tanya tanya ternyata emg suling sunda itu ada yang berlubang 4 juga. kalau mau beli yang diatas, bilang saja suling sunda yang berlubang 6 sudah cukup kok.
    *semoga membantu ya. sering2 mampir ke blog sini

    ReplyDelete
  9. Tmpat pnjualan suling sunda d daerah jawa timur dmn kang...mhon infonya,trims!

    ReplyDelete
  10. Saya punya seruling sunda lubang 4. Minta contoh cara memainkannya donk..
    kontak saya ya..
    mcfbcmnfsz1@yahoo.co.uk

    ReplyDelete
  11. gmana cara membuat suling sunda lubang 4 kang..?

    ReplyDelete
  12. saya mau pesan/beli suling sunda lubang 4 dan lubang 6 untuk belajar. bantuin ngedapatinnya Kang...?
    saya di bengkulu (sumatera)

    ReplyDelete
  13. @anonim untuk lubang 4 maaf saya belum punya datanya, nanti saya usahakan dan akan update terus.

    ReplyDelete
  14. @kang maman
    boleh kang, kebetulan didaerah saya masih banyak pengrajin suling lubang 4 dan 6. kalau akang mau akang bisa pesan ke saya. Harganya 1 buah nya sih waktu kemarin tanya ga lebih dari 10ribu, kalo ga salah sekitar 5ribuan satu buah sulingnya. tapi ga tau sekarang. kalau berminat akang bs kirim email ke saya azgi_mcs@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  15. kang. beli suling sunda d bdg dmn? hatur nuhun

    ReplyDelete
  16. Mantap...
    ingn jaman sekola blajar main suling....

    ReplyDelete
  17. kalau mau belajar les suling sunda dijakarta dimana ya?

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah katampi bapa suantena halimpu abdi tos tiasa pa anu kalangkang ningggal tutorial videona

    ReplyDelete
  19. thx gan buat pengajarannya

    ReplyDelete
  20. eh abdi ge urang sunda, tapi teu bisa suling, hahahaha

    ReplyDelete
  21. kang upami terang teknik na nyungkeun di share keun kang......haturnuhun sateu acan na...

    ReplyDelete
  22. kang upami terang teknik na nyungkeun di share keun kang......haturnuhun sateu acan na...

    ReplyDelete
  23. ada buku ttg suling bambunda ya?

    ReplyDelete
  24. Terimakasih infony sangat membantu sekali sob

    ReplyDelete
  25. makasih banyak atas informasi yangb telah diberikan sob,,,sangat bermanfaat sekali buat saya,, menambah wawasan dan pengetahuan...ditunggu aupdatean terbarunya sob,,,mantap!!
    Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    ReplyDelete
  26. infonya menarik sekali gan, saya sebagai seorang sunda sangat tertarik denganh artikel agan

    berkunjung ke blog saya gan y dan folback

    terima kasih keep blogging

    ReplyDelete
  27. akang abdi teh hoyong beljar nyuling.. aya lagu nu mudah ?

    ReplyDelete
  28. @mahrun, mangga di ajarkeun numana? eta gampilkan kantun diturutan nu na video :D

    ReplyDelete
  29. pengen belajar..
    untuk belinya harus pesan dimana yaa gan??

    ReplyDelete
  30. endah ta ya dua na mhn kang..raos kadanguna teu brang breng brong..nyeuleucep kana ati sanu bari..nanging ningan dina deungeut ayna mh generasi muda th tos langki nu mika deudeuh mika asih kana seni tradisionil..spertosna th budaya atanapi tradisi sepuh kapungkur th janten tamu di nagarana nyalira..palaur tea..mangga lajeungkeun kang ah niupna raos visan kadanguna..

    ReplyDelete
  31. @ kalau mau beli pesen ke saya juga bisa
    @kang insan amirullah
    amien kang haturnuhun tos linggih ka blog abdi, hurip budaya sunda kang :D

    ReplyDelete
  32. wahh... Da Mi Na Ti La.. deeh yang pastinya..

    ReplyDelete
  33. Emang lagu suling sunda aku akui jos gandoz, enak.

    kalau cari anakan CucakRowo Murai kacer lovebird dll ke http://sarangburungwaletrumah.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. kalo suling bambu sama suling recorder not nya sama gak?

    ReplyDelete
  35. kunjungan siang sobat..
    kira kira berapa ya buat beli suling kaya yang diatas.???
    kayaknya asyik kalau bisa main suling..

    ReplyDelete
  36. terima kasih kang agis kiriman suling sudah sampai di padang dan sudah saya terima.untuk suling yg di kirim saya merasa sangat puas karena,pengemasan dan pembungkusannya sangat safety sehingga suling tersebut aman terhadap guncangan atau bantingan di saat perjalanan expedisi atau cargo"lainnya.dgn pipa pembungkus seruling akan senantiasa aman terhadap berbagai guncangan.terima kasih kang agis.sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kang nanang, terima kasih atas pesanananya

      Delete
  37. kang gaduh buku ngeunaan diajar suling sunda?
    Upami gaduh abdi bde ngagaleuh skalian sreng sulingna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anonymous saya ga mau jawab :D

      Delete
  38. wah, saya tertarik banget dengan suling sunda. Apa anda punya buku untuk belajar suling sunda? dan juga tetntunya sulingnya?
    jika ada, saya tunggu infonya di 08996381797 atau fb : de_maulana07@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
  39. wah, saya tertarik banget dengan suling sunda. Apa anda punya buku untuk belajar suling sunda? dan juga tetntunya sulingnya?
    jika ada, saya tunggu infonya di 08996381797 atau fb : de_maulana07@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga kang boleh hub saya di azgi_mcs@yahoo.co.id kalau berminat

      Delete
  40. kang punya buku untuk belajar suling juga ga,. saya pengen belajar

    ReplyDelete
  41. kang punya buku untuk belajar suling juga ga,. saya pengen belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga buku jaman sekolah SD dulu kang :D

      Delete
  42. kang minta informasinya buat suling degung dong,yang kecil itu yang pendek,terus mau minta lagu apa aja yang bisa di nyanyiin sama suling degung :) mohon ya kang di tunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. informasi apa maksudnya neng? :D

      Delete
  43. Ahhh, Urang ge bisa niup suling mah, ngan teu enakeun haha,,,,ngan saukur bisa niup wungkul...

    ReplyDelete
  44. wahhh jadi emut ka guru smp ai ningal suling teh kang heheh...
    hebat uyy, maju terus orang sunda bahwa arurang oge bisa..

    ReplyDelete
  45. lokasi dimana kang ??

    ReplyDelete
  46. kalo boleh tau lokasi nya dimana kang ? saya pengen beli biar bisa milih & nanya2 langsung :D

    ReplyDelete
  47. wah mantap nh buat bisa buat belajar..........udah ada yg sukses mencoba blm nh????

    ReplyDelete
  48. eslilin mah ceceu kalapa muda..
    dibantun mh ceceu didorong dorong ahaha
    informasinya oke gan,, mengingat waktu sekolah

    ReplyDelete
  49. dari dulu aja ane ngga bisa main suling broo :'(

    ReplyDelete
  50. Assalamu'alaikum. Wah, makasih banyak Kang atas informasinya. Insya Allah bermanfaat buat yang lain :D.

    ReplyDelete
  51. gampang-gampang sulit gan, tapi tetap semangat

    ReplyDelete
  52. Makasih gan, teniknya sangat membantu saya.

    ReplyDelete
  53. suling sunda emang top markotop uhun kang,sok waraas pami ngupingkeun na.

    ReplyDelete
  54. Baru Liat Orang Suling Kayak Gitu...

    ReplyDelete
  55. Bagus kang, gaduh not angka na teu? nu instrumental na

    ReplyDelete
  56. mantep euy artikelnya, paling demen klo lgi santai sambil dengerin mp3 suling sunda :D

    ReplyDelete
  57. Wah boleh juga untuk dipraktekkan mas

    ReplyDelete