15 March 2011

Nama Negara Cina dan Cili Diambil Dari Bahasa Sunda!!


BlackInNews-Culture : Mungkin bagi anda tidak heran lagi jika mendengar nama daerah di tatar sunda(Jawa- barat) atau Jakarta yang di awali kata "Ci", tapi bagi orang awam mungkin membuatnya penasaran kenapa banyak sekali di daerah Jawa sebelah barat banyak menggunakan nama- nama tersebut, misalnya saja Ciamis, Cikampek, Cirebon, Cilangkap, Cianjur, Cilacap dan banyak sekali nama-nama lainya yang diawali dengan kata "Ci". "Ci" adalah sebuah kata ringkas untuk menyebut kata "Cai" atau dalam bahasa Indonesia menyebutnya "Air". Hal tersebut tidak lain karena dulu daerah tatar sunda ini sangat berlimpah dengan air, banyak daerah yang banyak air dan sungai-sungai yang menjadi tumpuan untuk kehidupan masyarakatnya. Sehingga tidak heran jika daerah di tatar sunda yang dulu memiliki banyak air nama daerahnya di awali dengan kata "Ci" atau "air" dalam bahasa indonesia. Nah menyinggung masalah Negara Cina dan Cili yang diambil dari bahasa sunda , itu hanyalah sebuah lelucon masa kecil yang lazim di telinga sewaktu kecil untuk memupuk anak-anak sunda agar bangga akan kesundaan mereka. "Jika kita ingin sukses jangan ragu-ragu, tunjukan bahwa orang sunda juga mampu, tuh lihat negara Cina dan Cili pun dulu yang mendirikanya adalah orang sunda sehingga nama daerahnya pun diambil dari nama daerah di tatar Sunda." begitulah kata-kata orang tua jaman dulu agar anaknya mau berusaha lebih keras agar bisa mencapai hasil yang di cita-citakan. Artikel untuk BlackInNews

23 comments:

  1. aya hiji deui kang,..chicago

    ReplyDelete
  2. boleh infonya gan....thanks

    ReplyDelete
  3. wah,,,wah,,,wah,,,,baru tahu saya,,,,!!!!

    ReplyDelete
  4. infonya sangat menarik kang,klo bisa postingnya serta artikelnya lebih ditambah lagi biar lebih mantap.majuterus dengan blognya.lam kenal aja nih dengan kami.

    ReplyDelete
  5. Yee..., judulnya bikin menarik perhatian..., eh ternyata...... Tapi judul2 kayak gini emang bagus biar dikunjungi manusia..., bukan cuma search engine.. He he he...

    ReplyDelete
  6. mungkin menjiplak dari jawa barat ya,,,xixixi

    ReplyDelete
  7. emang sih di jawa barat banyak daerah yang diawali dengan ci,,seperi cikoneng,cimahi,ciamis,dsb,,unik juga ya,,

    ReplyDelete
  8. baru tau nih ternyata gitu ya asal muasal nya,,,

    ReplyDelete
  9. berarti bahasa sunda juga bahasa yang menarik dan banyak yang suka,,

    ReplyDelete
  10. Kalo ciputat apa artinya ya?

    ReplyDelete
  11. Indonesia memang mantab! Sampe2 bisa jadi inspirasi negara lain.

    ReplyDelete
  12. Sangat menarik. Masuk akal bahwa negara-negara pulau memiliki banyak istilah dan frasa untuk menggambarkan "air"! Ci!

    ReplyDelete
  13. baru tau saya mas bro.. kalo nama negara china di ambil dari bahasa sunda.. mungkin juga dulu2nya orang cina ada keturunan sunda kali yaaaa...?

    ReplyDelete
  14. I love Java. My family is going away to Bali for vacation as well!

    ReplyDelete
  15. jhahha...bener juga tuch ci emang has sunda

    ReplyDelete
  16. Tommy Dassalo is going on vacation with his family to Bali! I hope they have internet there :)

    ReplyDelete
  17. kirain teh bener dari bhsa sunda,,,
    euh,,,
    pemirsa kecewa
    wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. Tapi china dan chile pake h tuh,,, coba bahasa sunda pake h.

    Jadi, chi kampek, chi mahi, chi anjur...malah jadi seperti tempat di china tuh! :D

    ReplyDelete
  19. kang ku abdi di share teu nanaon nyah :)

    ReplyDelete
  20. @fadlan
    mangga, tong hilap mun tiasa mah cantumkeun sumberna nyak xixixixi

    ReplyDelete
  21. Kalo Cikampek artinya apa yaa..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cikampek itu diambil dari kata Kampek, Nah kampek sendiri itu maksudnya Kampak dalam basa sunda. Cuman karena terpengaruh unsur betawi seiring dengan wilayahnnya yang mendekati Jakarta jadilah Kampak di baca Kampek. Gitu kang, sehingga pada akhirnya jadi Cikampek

      Delete