19 December 2011

Windows Security

    Anda pengguna Windows 7? Pasti tidak sedikit yang menjawab ya. Anda melakukan patching Windows Update secara regular? Sekarang mungkin tidak sebanyak tadi yang
menjawab ya. Berdasarkan pengalaman penulis, banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan masalah windows update ini karena tidak tahu manfaat yang diberikannya. Malah ada beberapa orang yang menonaktifkan fungsi ini dengan alasan windows update akan membuat koneksi internet menjadi lambat. Padahal, windows update ini sangat berguna untuk menutup celah-celah keamanan atau kelemahan-kelemahan yang terdapat pada sistem operasi kita. Jika celah-celah ini tidak ditutup, maka virus dapat dengan mudah menginfeksi PC atau laptop kita. Karena itulah sebagai pengguna Windows yang peduli pada keamanan PC atau laptop kita, kita harus rajin melakukan patching atau update pada windows kita agar terhindar dari ancaman virus. Akan lebih baik lagi jika kita melakukan setting agar windows update kita dilakukan secara otomatis.
     Selain dengan melakukan hal di atas, masih ada beberapa cara lain untuk melindungi windows kita dari serangan virus atau hacker. Cara pertama adalah dengan menginstall software antivirus. Lagi-lagi melakukan update secara berkala merupakan hal yang sangat penting agar antivirus tersebut dapat secara maksimal melindungi PC kita dari virus-virus terbaru. Software antivirus ini tersedia banyak di pasaran baik yang berbayar maupun gratis.
    Cara selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Windows Firewall. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahui manfaat dari windows firewall. Fitur ini dapat mengontrol port-port atau jika ibaratkan seperti mengontrol pintu-pintu untuk berinteraksi dengan komputer lain. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuka port-port yang diperlukan oleh aplikasi, kemudian menutup port-port lain yang tidak digunakan agar meminimalkan masuknya virus atau hacker.
    Nah, cara terkahir adalah dengan menggunakan AppLocker. Ini merupakan fitur keamanan baru yang ada di Windows 7. Fungsinya adalah membatasi aplikasi yang dapat diakses oleh setiap user serta mencegah user menjalankan aplikasi portable yang biasanya merupakan malware atau virus. Untuk mengaktifkan AppLocker, Anda dapat masuk ke Local Serucity Policy (ketikkan kata Local Security Policy pada Instant Search) kemudian Pilih Application Control Policies -> AppLocker. Setelah masuk ke AppLocker, Anda dapat membuat rule baru tempat Anda membuat aturan terkait permission yang Anda inginkan.
Voila! Dalam sekejap, Windows Anda pun menjadi lebih aman




Oleh kelompok Manajemen Keamanan Informasi Fasilkom UI:
  • Dori Gusvawijaya - 0806339471
  • Fatimah Azzahro - 0806339521
  • Grafit Dwiananto - 0806460023
  • Grinano Ardhi Wibowo - 0806460036
  • Windy Adam - 0806460162


20 comments:

  1. kalo boleh tau antivirus yang paling cocok untuk windows 7 apa ya bos

    ReplyDelete
  2. mantab artikelnya, terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  3. bagus juga gan tutorialnya...boleh dicoba gan... ada gak ya yg lebih sederhana Gan, tks



    signature,
    LAPTOP MURAH SEMARANG

    ReplyDelete
  4. selama menggunakan windows baik windows 7 atau lainnya saya tak begitu mempedulikan akses security-nya.
    terima kasih untuk tutorialnya nie...

    ReplyDelete
  5. @hits : pke esset smart security aman boss

    ReplyDelete
  6. ternyata kita harus bener2 yach merawat laptop agar tidak terkena semacam virus..

    ReplyDelete
  7. @technoberry : ya, windows 7 saya pake eset ss + update teratur gak pernah ada masalah virus

    ReplyDelete
  8. makasih sob, kiraiin windows 7 sudah aman, ternyata banyak celah juga ya

    ReplyDelete
  9. Mau gimana juga pasti selalu ada celah.. Nice info sob.. Thanks ya..

    ReplyDelete
  10. nice info gan. . .
    mksh buat infonya. . .

    ReplyDelete
  11. infonya bagus gan,,,,
    maksih,semoga bermanfaat,,,

    ReplyDelete
  12. Mau beri saran nih gan!
    mata saya sakit lihat tulisannya gak jelas!
    Hanya isinya saja yang bermanfaat

    ReplyDelete
  13. komentar pertama,,
    bener kata @joesilalahi

    komentar ke2 menurut admin efektif manasih MSE atau AVG

    ReplyDelete
  14. thanks gan infonya membantu bget

    ReplyDelete
  15. apakah windows firewall termasuk anti virus? kalo di pasang bersamaan dengan anti virus lain apakah tidak bentrok bro?

    ReplyDelete
  16. Terimakasih gan, saya pikir windows update hanya mengganggu koneksi internet. Ternyata hal tersebut berguna juga untuk kemanan komputer kita

    ReplyDelete