14 December 2011

Security Awarness Terhadap Situs Jejaring Sosial


Pernah mengalami pencurian password? Pernahkah tiba-tiba akun jejaring sosial Anda mengirimkan spam ke teman-teman Anda?

Tentunya kejadian seperti itu sangat mengganggu privasi Anda. Selain privasi Anda terganggu, nama baik Anda juga tercemar.

Social network sites (situs jejaring sosial) merupakan suatu komunitas online yang digunakan oleh pengguna internet untuk berkomunikasi dengan pengguna internet lainnya. Popularitas situs jejaring sosial seperti MySpace, Facebook, dan Twitter telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun banyak aspek positif dari penggunaan situs jejaring sosial, namun kita perlu memahami resiko keamanan dan tindakan pencegahan yang perlu diambil untuk melindungi diri sendiri dan informasi mengenai diri kita. Kemudahan mengakses informasi pribadi menjadi kesempatan bagi orang-orang jahat yang berusaha untuk memanfaatkan informasi ini. Beberapa resiko jejaring sosial seperti spear phishing, spoofing, dan aplikasi web yang berusaha mencuri identitas seseorang sering berhasil terjadi akibat asumsi kepercayaan atau terlalu percaya dalam penggunaan jejaring sosial itu sendiri.

Keamanan dan privasi yang berhubungan dengan situs jejaring sosial adalah isu yang berhubungan dengan tingkah laku, bukan teknologi. Semakin banyak informasi yang disebar, maka semakin besar pula resiko yang akan terjadi akibat orang-orang yang berniat jahat. Untuk itu, waspadalah !!!

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan ketika menggunakan situs jejaring sosial :

1. Pastikan komputer yang Anda gunakan untuk mengunjungi situs jejaring sosial sudah memiliki software anti virus yang selalu up to date.

2.      Berhati-hatilah sebelum meng-klik suatu link dari siapapun, meskipun dari orang yang Anda kenal. Banyak aplikasi yang dipasang pada situs jejaring sosial yang meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadi. Penyerang biasanya menggunakan situs seperti ini untuk menyebarkan malware.

3.      Gunakan password yang strong dan unik.

4.      Waspada terhadap orang yang menambahkan Anda sebagai teman. Semakin banyak teman Anda, maka semakin banyak orang yang memiliki akses terhadap informasi Anda.

5.      Perketat aturan privasi Anda, sehingga informasi Anda hanya dapat diakses oleh orang-orang yang Anda percaya.

Perhatikan privacy policy dari situs social network yang Anda ikuti. Beberapa situs social network memungkinkan pihak ketiga untuk mengakses informasi pribadi Anda. Jika privacy policy situs tersebut tidak jelas atau tidak melindungi informasi Anda, jangan menggunakan situs tersebut.

Oleh kelompok Manajemen Keamanan Informasi Fasilkom UI:
Aulia Nur Istiqlal    0806334703
Annisa Meitasari    0806457483
Kirana Widyastuti    0806334956
Ni Made Riska        0806323113
Fitriany Nadjib        1205007163

8 comments:

  1. Hhhmmm...
    Ksihan jga ya...!!!

    ReplyDelete
  2. hemmh,,iya emang serem kalo masalah privaci fb..kalo gak diperketat sering terjadi kaya gitu gan,,terima kasih buat infonya ya..

    ReplyDelete
  3. harus tambah hati-hati,,ternyata bisa melalui media jejaring social juga

    ReplyDelete
  4. sipp gan..
    follow blogku jg ya gan, sama2 pecinta blogger on>> http://dhoni-ds.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. oke gan ,,,,,,,,
    terima kasih infonya,,,

    ReplyDelete
  6. Saya jadi takut kalau ngomong masalah privacy policy di jejaring sosial :(

    ReplyDelete