05 January 2015

RTIK Jakarta - Pelatihan Data Pemilu untuk CSO & Penyelengara Pemilu

Pada tanggal 22 - 23 Desember 2014 berlangsung di Hotel Santika, Slipi, Jakarta. Diadakan sebuah pelatihan Data Pemilu untuk CSO (Civil Society Organization) dan penyelenggara pemilu. Relawan TIK Jakarta yang merupakan salah satu CSO memperoleh kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini, pada kesempatan ini Relawan TIK Jakarta diwakili oleh saudara Cevi Agis. Adapun perwakilan CSO lainnya selain Relawan TIK yang menghadiri pelatihan ini seperti ICW, Air Putih dll sedangkan sisanya merupakan perwakilan penyelenggara pemilu yang berasal dari beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Tangerang, Sulawesi dll.



Hari pertama,
Kegiatan hari pertama dibuka oleh Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perludem (Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi), dan kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai "data" yang dipresentasikan oleh Yuandra Ismiraldi. Di hari pertama ini pembicara menjelaskan mengenai fundamental data, etika dan verfikasi data, bagaimana memvisualisasikan data, dan pengenalan portal data Indonesia yang dapat diakses untuk mencari informasi. Disini juga dijelaskan mengenai pentingnya kebijakan open data  (keterbukaan data) melalui media berbasis teknologi informasi, seperti situs pemerintahan. Kebijakan tersebut dipandang mampu mendorong terciptanya pemerintahaan yang terbuka, transparan, serta akuntabel. Kemudian hari pertama ditutup dengan focus group discussion dan sharing session mengenai pengelolan data dari tiap peserta yang hadir .

Hari kedua,
Simulasi Pilkada
RTIK diawakili Agis (kemeja ungu)
Untuk hari kedua diawali dengan overview hari pertama kemudian dilanjutkan dengan materi proses pembukaan informasi KPU, pengguna data pemilu  (Kawal Pemilu & API Pemilu), dan kemudian melakukan knowledge sharing mengenai suka dan duka mengenai data pemilu. Diharapkan dengan sharing ini, peserta dapat mengatasi permasalahan masalah yang sama yang akan ditemukan dalam pemilu kedepan. Kemudian sisa hari kedua dilakukan dengan membuat sebuah simulasi dimana peserta dibagi ke dalam 3 kelompok yang nantinya akan mensimulasikan dan mempresentasikan setiap cases yang diberikan oleh pemateri. Salah satu contoh cases nya adalah persiapan data menuju pilkada serentak sebagaimana pada dokumentasi foto disamping.





No comments:

Post a Comment