Pages

Ads 468x60px

01 February 2011

Asal Usul Nama Tasikmalaya

       Seperti kita ketahui bahwa nama "Tasikmalaya" kini dipakai untuk 2(dua) nama hierarki pemerintahan daerah di  Priangan Timur. Yaitu Kabupaten Tasikmalaya dengan luas wilayah sekitar 2.563,35 km²  dengan jumlah kepadatan penduduk sekitar 642 jiwa/km² dan Kota Tasikmalaya dengan luas wilayah sekitar 171,56 km2  dengan kepadaan penduduk sekitar 3.600,9/km² . Nah, mengenai asa usul nama Tasikmalaya itu sendiri yang dahulu bernama Sukapura yang didirikan oleh Sultan Agung dari Mataram pada 9 muharam tahun alif ada 2(dua) versi yang berkembang di masyarakat saat ini. Pertama, nama Tasikmalaya di ambil dari 2(dua) kata Keusik dan Ngalayah 
 yang dalam bahasa sunda berarti Keusik adalah pasir dan Ngalayah adalah bertebaran jadi kalau kita tarik secara garis besar berarti pasir yang bertebaran. Ya, seperti kita ketahui akibat dari letusan Gunung Galunggung yang sangat dahsyat pada tahun 1822 mempunyai pengaruh besar terhadap Kabupaten Sukapura pada waktu itu, dengan banyaknya pasir menyelimuti Kabupaten Sukapura maka daerah ini pun berubah nama menjadi Keusik Ngalayah dan kemudian menjadi daerah yang kita kenal sekarang yaitu Tasikmalaya.
      Kemudian, pendapat yang kedua yaitu Tasikmalaya berasal dari 2(dua) kata juga yaitu Tasik yang yang artinya laut, telaga atau air yang menggenangi daerah tertentu dan Malaya yang memiliki pengertian jajaran gunung-gunung. Nah, toponim tadi mengandung makna bahwa keberadaan gunung yang mencapai jumlah ribuan laksana air laut(banyaknya)(Permadi, 1975: 3). Secara geologis, letusan yang diakibatkan oleh gunung tersebut mengakibatkan terbentuknya jurang-jurang yang terjal yang membentuk sebuah formasi sepatu kuda ke arah timur Gunung Galunggung. Nah, setelah beberapa tahun letusan dahsyat yang diakibatkan, bermunculanlah bukit-bukit kecil(hillocks) yang berjumlah sekiar 3.647 buah. Bukit-bukit kecil itulah yang kemudian memperkuat ciri khas geografis Kabupaten dan Kota Tasikmalaya(Furuya, 1978:592; Zen, 1968: 62). Tapi sayang sekarang ini bukit-bukit kecil yang berada dipusat Kota Tasikmalaya sudah hampir tidak ada karena diambil pasirnya dan dijadikan perumahan dan kawasan pertokoan. Yang tertinggal sekarang hanyalah nama-nama bukitnya saja di tengah Kota Tasikmalaya.
  Nah, berdasarkan uriaian diatas, beberapa orang berpendapat bahwa nama Tasikmalaya sendiri itu lahir dan mulai dipergunakan dalam administrasi pemerintahan setelah Gunung Galunggung meletus dahsyat pada tahun 1822(Ekadjati et al., 1975: 5: Marlina, 2007: 36). Hal tersebut diperkuat oleh laporan Residen Priangan pada tahun 1816 bahwa Tasikmalaya belum dipergunakan sebagai nama suatu distrik  yakni wilayah pemerintahan yang berada di bawah kabupaten(de la Faille, 1895: 53). Namun, dalam administrasi pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1820 nama Tasikmalaya sudah dipergunakan. Pada administrasi pemerintahan Hindia belanda nama Tasikmalaya di pergunakan dengan nama Distrikt Tasjikmalaija op Tjitjariang dengan wilayahnya sepanjang 37 pal(Statistiek van Java. 1820). Yah, jadi bisa diperkiran nama Tasikmalaya pertama kali mulai digunakan sekitar tahun 1816-1820an.


Ayo yang mau ikutan Kompetisi Web Kompas MuDA & AQUA klik disini
Siapa tahun nanti anda adalah juara      Kompetisi Web Kompas MuDA & AQUA
Tapi Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA ini dikhususkan buat anak SMA dan semuranya saja.










18 komentar:

  1. baru tahu nih ternyata sejarah nama Tasikmalaya sudah ada sejak dahulu kala, btw kapan sob lahirnya Tasikmalaya ...

    ReplyDelete
  2. Good info...tempat kamu banyak yg menarik ya.

    ReplyDelete
  3. kunjungan sekalian follow... follow balik ya sob....

    ReplyDelete
  4. nice post..!
    makasih infonya..!

    ReplyDelete
  5. salam sahabat
    jadi tahu asal usul nama tasik malaya ternyata sangat signifikan dengan kulturisasi yach,maaf telat

    ReplyDelete
  6. buat sobat htc semua sudi kiranya sobat memasang logo kami dihalaman depan blog sobat...ane tunggu kabar baiknya...

    ReplyDelete
  7. sekalian follow back ya sob ane tunggu kedatangannya....

    ReplyDelete
  8. nembe terang ayeuna .....haturnuhun kang inpona...

    ReplyDelete
  9. tq bgt bray...ane cari2 tuh arti" tzk", gak nemu2.
    kata tmen ane tasikmalaya tuh(TimimiTinAkorupSinepikaMalingsagalaaYa) apa iya?, ah gak kali! bisa jadi? gak mungkin? ya kan bray................

    ReplyDelete
  10. Jdi tw deh asal usul Tasikmalaya...
    Makasih bnyak infonya..!!!!

    ReplyDelete
  11. owh gtu ya asal usul nama tasikmalaya itu. . .
    bru tau. . .
    mksh buat infonya. . .

    ReplyDelete
  12. wah nambah pengetahuan baru lagi buat saya terima kasih gan

    ReplyDelete
  13. sangat menarik sekali filosofi tentang tasikmalaya

    ReplyDelete
  14. mantap bahasannya .. thanks.. tukar link yuk?

    ReplyDelete
  15. mau tuker link boleh, pasang dulu link saya nanti infokan ke saya baru nanti saya pasang link kamu. Thx

    ReplyDelete
  16. Aku bangga jadi anak Tasikmalaya :) (y)

    ReplyDelete