13 September 2012

[SHARING] Program The Complete Banker [ TCB ] PT. Bank CIMB Niaga Tbk

Saatnya sharing nih bloggers. Oke lah saya jelasin dulu ya apa yang akan saya sharing pada kesempatan kali ini. Inilah The Complete Banker atau TCB dari PT Bank CIMB Niaga Tbk. Lalu The Complete Banker itu apa? TCB adalah sebuah program pelatihan (training) yang bersifat menyeluruh untuk menciptakan pemimpin masa depan agar bisa bersaing di dunia perbankan baik nasional (Indonesia) maupun regional (ASEAN), serta untuk membangun kemampuan dasar dalam bidang kepemimpinan agar dapat menjadi bankir yang handal.

Program ini di rancang secara khusus dengan tujuan agar para calon pemimpin bisa menduduki posisi atau jabatan dalam manajemen perbankan CIMB Group. O iya program ini berlangsung kurang lebih sekitar 12 bulan,  dimana peserta akan dimonitor mengenai bakat dan kemampuan melalui program di dalam kelas, tugas proyek perbankan dan juga on-the-job training.

Nah, lanjut mengenai persyarat untuk mengikuti program The Complete Banker ini, diantaranya:

  1. Lulusan Sarjana atau Magister dengan IPK minimal 3.25 dari skala 4.00
  2. Lebih disukai jika memiliki pengalaman dalam berorganisasi yang menunjukan kualitas berikut
      1. Kepemimpinan
      2. Kemamuan yang kuat untuk belajar dan menjadi orang sukses
      3. kreatif dan inovatif
      4. Penuh semangat dan antusias
  3. Fasih baik secara tulisan maupun ucapan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan disertai nilai TOEFL dengan skor 500 atau IELTS dengan skor 6.0 atau TOEIC dengan skor 600
  4. Single, dan usia maz 27 tahun
  5. Bersedia di tempatkan di seluruh cabang CIMB Niaga
O iya setelah lulus nanti jabatan kita langsung berada di grade 9 dengan posisi sebagai Asisten Manager atau setara Asisten Manager. Gimana, tertarik?

Nah, sudah paham sekarang yang dimaksud dengan The Complete Banker dari CIMB Niaga? Lanjut ke sharing tahapan seleksi dari TCB yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya sendiri dan pengalaman teman-teman seperjuangan saya selama proses seleksi yang panjang, ya walaupun sebagian besar dari mereka tidak bisa menembus program TCB ini.
Tahapan seleksi:
1. Test Tulis
Di dalam tes tulis ini diantara adalah psikotest seperti pauli test, otak-atik angka dan huruf dan tes kepribadian, mau tau contoh soal psikotesnya? comment dulu ya dengan nama asli mu di bawah artikel ini. O iya jangan salah pada tahap psikotest ini banyak juga loh yang berguguran. Dan menurut informasi yang saya peroleh tiap psikotest ada yang sampai 700 orang yang mengikuti test, dan menurut teman saya sih katanya yang daftar TCB ini dari awal sekitar 3000 orang.  Ga percaya? sama gw juga kaget pas tahu ternyata banyak banget ya yang ikut.

2, 3. Interview HR
Nah, interview HR ini ada 2 kali yaitu HR 1 dan HR 2, tapi untung saya di interview dalam waktu bersamaan tidak seperti beberapa teman saya yang lain yang berlainan hari untuk interview HR nya jadi harus 2 kali interview HR. Yang dibahas disini adalah seputar CV, pokonya CV kita bakal diexplore abis-abisan disini dan sempet di singgung apa itu TCB. O iya semua interview ini full in English ya

4. Business Presentation
Di sini kita akan di tes untuk mempresentasikan suatu topic yang diberikan oleh pihak penyeleksi. Kalau pengalaman saya disini kita bakal dikondisikan ada dibawah tekanan selayaknya sidang skripsi. Pengalaman pribadi saya sempat dibantai dalam hal judul dimana ada 1 kata yang kurang cocok digunakan. O iya tapi selebihnya yang ditanyakan kembali lagi pada CV kita. Maka perbanyak dan perbagus lah CV selagi kuliah guys

5. Interview Head of 
Nah interview head of ini kita bisa bertemu berbeda-beda head of, tergantung kita dapat head of bagian apa. Kalau saya kemarin dapat head of business. O iya utk head of ini interviewnya menggunakan Bahasa Indonesia. Dan disini proses interview nya santai banget mungkin karena menggunakan Bahasa kali ya, dan disini saya ditanya mengenai major saya kemudian diminta menjelaskan "sistem interkasi", sistem interkasi adalah salah satu mata kuliah ilmu komputer. Tp beberapa applicant dengan head of berbeda tetap mewajibkan in English. Jadi tergantung kita dapat head of yang mana

6, 7. Interview Board of director
Disini kita akan di interview oleh para pimpinan / direktur dari CIMB Niaga, disini bisa akan ada 2 kali inteview board of director 1 dan 2. Jadi bersiap-siaplah untuk mengikuti 2 kali interview. Disini penginterview lebih menanyakan masa depan kita 5-10 tahun menjadi apa, seputar keluarga, dan lagi-lagi mengexplore CV kita.

8. Medical Check up
Nah, kalau sudah tahap ini 90% kemungkikan diterima menjadi TCB-ian sangat besar

9. Offering letter
Disini kita diminta ketersedian kita atau semacam penegasan apakah kita akan mengikuti program ini atau tidak.

Saya mengharapkan jika ada yang ditanyakan silahkan untuk berkomentar ya. Dan saya tidak akan menjawab dan menampilkan jika nama komentarnya anonymous atau spam

Selamat berjuang bagi rekan-rekan yang akan atau sedang mengikuti proses seleksi The Complete Banker dari CIMB Niaga.

Berikut adalah TCBian Batch 6:


Jika ingin mengetahu tentang TCB at Glance, boleh klik disini untuk penjelasan lebih lanjut.

Selain TCB, di CIMB Niaga juga ada program ITDP untuk jurusan IT, FODP untuk Finance, AODP untuk Audit, MODP untuk merchant, CoBaDP untuk corporate banking, ComBaDP untuk commercial banking, TODP untuk treasury dll.

Untuk sharing seleksi ITDP silahkan klik link ini

tcb bank niaga , tcb niaga, tcb cimb niaga

187 comments:

  1. soal tertulis bisa di share? tulisan ini sangat bermanfaat. mksh.

    ReplyDelete
  2. Mb dr medical check up brapa hari y mb pnguman tes kshtnya?mau menuju k offering letternya?mksh

    ReplyDelete
  3. wah saya cowo bukan perempuan bela, bela sedang tes TCB? kalau saya kemarin sekitar 3 hari setelah medcheck langsung ada panggilan offering letter

    ReplyDelete
  4. halo, terima kasih sekali untuk sharing informasinya. kebetulan saya ingin mengikuti program ini. boleh saya minta contoh psikotesnya? terima kasih banyak ya, infonya sangat mendetail dan berguna! :)

    ReplyDelete
  5. Kalau soalnya kebetulan diambil kembali waktu itu jadi ga bisa di bawa soal psikotesnya

    ReplyDelete
  6. Halo, terima kasih sudah sharing info yang sangat berguna ini. Kebetulan waktu yang dekat ini saya akan mengikuti tes tertulisnya, mohon minta contoh soalnya ya, mas. Sekali lg terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Syam Bandumh _ Wah boleh nih dibagikan soal tesnya, mungkin bs minta tolong vy email : syam_hh18@yahoo.com :) Thank u

    ReplyDelete
  8. Halo,

    Mohon informasinya, setelah selesai mengikuti tahap seleksi, lalu apabila lolos dan telah pula menyelesaikan program The Complete Banker selama 12 bulan, apa saja ya kemungkinan posisi yang akan ditempati? Apakah hanya pada posisi posisi utama seperti Consumer Banking, Corporate Banking, dll atau juga bisa untuk fungsi support seperti HR, Legal, Operations, Accounting, dan sebagainya?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Halo juga anky, bisa juga kok back office seperti IT & Operation, legal & complience termasuk juga HR. cuman proporsi untuk penempatan back office lebih sedikit kalo ga salah sekitar 30% yang diassign ke sana sisanya sekitar 70% ke bisnis untuk generate money. (untuk % nya lupa sih pastinya cuman sekitar segitu lah).

    ReplyDelete
  10. boleh tau klo grade 9 itu gajinya kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
  11. salam. subhanallah bang. selamat yah. saya baru aja awal ikut. sudah psikotes, sudah interview user dan di tawari di TCB. ya bismillah aja nih untuk berjuang ke depannya. makasih yah infonya. minta YMnya atau Pinnya bang.

    ReplyDelete
  12. @winjaniAY
    Senang bisa membantu, mudah2an lolos ya. saya ga pake bb. ym saya azgi_mcs

    ReplyDelete
  13. kalau boleh tau oprec utk setiap batch nya kira2 bulan apa? setahun sekali ya? thanks.

    ReplyDelete
  14. mas, kalo bole tau, ttg persyaratan toeflnya itu kapan diperlukan? soalnya aku baru dpt sms untuk ngikutin tes awal, tapi gak ada di suruh bawa cv atw sertifikat toefl gt. thanx sblmnya yah :)

    ReplyDelete
  15. kalau oprec 1 tahun 2x sih rata-rata

    @rosmauli
    toefl kalau saya sih diminta setelah lulus, jadi pas seleksi saya mah cuman bawa CV aja

    ReplyDelete
  16. Halo..

    Baru aja dapet telfon dari Ibu Dini dari HR Recruitment untuk lanjut ke proses selanjutnya yaitu Business Presentation hari senin tanggal 14 Januari. Kepada yang sudah masuk program TCB, boleh minta tips and trick nya ga untuk business presentation ini? Trims. :)

    ReplyDelete
  17. @andika
    kalau kemarin yang nguji nanti bertanya lagi ke CV kamu malah lebih banyak ditanyain ttg CV, jadi kuasa lagi CV kamu. Good luck :-)

    ReplyDelete
  18. saya juga sama nih sama mas andika, lanjut ke business presentation. tp blm dikabarin kapan presentasinya. btw, mas agis boleh share topik pas presentasi nya ngga? makasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  19. @alief
    kalau saya dulu dikasih tentang interaction gitu, lupa panjangnya apa. Dan saya bercerita tentang organisasi pas di kampus

    ReplyDelete
  20. Hani
    apakah saya bole meminta soal tes tertulis tcb nya ?karena saya mendapat panggilan untuk tes besok, kira2 interview bhs inggrisnya mengenai apa ?..terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  21. saya ga bisa kasih soal tes tertulis karena tidak punya, dan waktu tes di ambil kembali sama CIMB Niaga. Yang bisa saya bagikan mungkin contoh perkiraan soal yang diujikan saja

    ReplyDelete
  22. bole saya tau bagaimana contoh perkiraan tes tertulisnya apa saja ?

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. @intan
    jadi pegawai tetap kok, cuman itu dia ada kontrak selama 4 tahun(termasuk 1 tahun program) dan kalau keluar dalam rentang tersebut bakal dikenakan denda. Iya lebih baik tanya pake YM aja kalau masalah lainnya mah, ditunggu :D

    ReplyDelete
  25. Mas ada email ga ya? Mau nanya2 hehe.. Thank before :)

    ReplyDelete
  26. mangga email alay saya azgi_mcs@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  27. Hi, boleh minta contoh test nya?
    gianayu@gmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete
  28. Boleh tau ga ya, waktu interview head of ditanya apa aja? Thank you

    ReplyDelete
  29. Terima kasih utk infonya aghi...saya novan,calon TCB-ian juga. Tp dari internal. Skrg sdh tahap medical check up. Semoga kita bisa sharing ilmu & experiences nantinya,kalau bertemu. Kalau boleh tau kamu batch brp ya?

    ReplyDelete
  30. iya sama-sama nova, kalau ada yang perlu dibantu mah boleh untuk sharing pengetahuan. Kalau saya batch 6 :D

    ReplyDelete
  31. Terima kasih infonya gan.... lam kenal aja smoga sukses selalu

    ReplyDelete
  32. Halo kang agis,,saya Ujang dari Tangerang,,boleh minta no hape'a buat nanya2 tentang TCB niaga,,boleh ya?? Saya lihat TCB dan profil kang agis dari blog,,terima kasih sebelum'a :)

    ReplyDelete
  33. Boleh jang sudah saya info :D

    ReplyDelete
  34. Hai mas, aku mau nanya dong mas ttg toefl..
    Aku skrg uda sampe proses interview untuk TCB. Tinggal nunggu untuk proses presentasi.
    Tp ini proses nya cepet gitu mas. Dan baru tau kalo harus ngumpulin toefl besok itu ya di hari rabu kmrn.
    Karna ada tanggal merah dan kepotong weekend, jadi susah cari toefl.
    Dan toefl aku sebelumnya cuma xxx.
    Gimana yaa kira2 gitu itu?

    ReplyDelete
  35. Kalau saya sih kemarin pakai bukti sedang mengikuti tes toefl, jadi waktu itu belum bawa sertifikat toeflnya. Bilangin aja sedang ikut tes tanggal sekian dan baru keluar hasil tanggal sekian jadi kalau sudah ada baru di kasih seritifikat toeflnya. . Btw seleksi di daerah mana ana?

    ReplyDelete
  36. Aku seleksi di surabaya ni..
    Stres deh mikirin toefl..

    ReplyDelete
  37. Mas saya mau nanya. Bsk saya akan interview hrd, stlah lolos pskotes n fgd. Apa saja ya kira2 pertanyaan yg d tanyakan? Tips untuk menjawab ny bagaimana? Mohon bantuannya. Thx :)

    ReplyDelete
  38. Kalau pas interview HRD dulu saya ditanya seputar kampus, organisasi, ttg CV pokoknya karena waktu itu saya baru lulus kuliah. O iya waktu ditanya juga apa yang anda ketahui tentang TCB. Kalau tips jawab seadanya aja dan jangan dibuat-buat kalau yang interview mulai dalam bahasa Indo jangan kita jawab inggris ikuti alir penginterview aja nanti malah di sangka sombong (karena pas seleksi kemarin ckp bnyk anak overseas brg sih), dan biasakan diri untuk bersalaman setelah masuk dan jangan dulu duduk sebelum dipersilahkan duduk.

    Semoga berhasil Rio,
    Agis

    ReplyDelete
  39. Makasih mas agis. Barusan saya selesai interview panel 2org skaligus. Dan yg masuk jg 2 org skaligus. Yg ingin saya tanyakan apakah ketika d tanya "klo anda tdk d t4kan d tvb melainkan mnjadi staff/officer dlu, bgaimana anda menyikapinya?" sbaiknya jwab apa ya? Thanks infonya

    ReplyDelete
  40. eh jangan panggil mas, siapa tahu kita seumuran :D gw S1 angkatan 2008 dan baru wisuda kemarin september 2012 :D.
    Kalau gw sih jawab "Saya mencari sebuah pekerjaan dimana pekerjaan tersebut membuat saya merasa nyaman sehingga dengan pekerjaan itu saya bisa memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya untuk mengejar karier dikemudian hari. Dan jika itu tidak di TCB melainkan harus dari staff/officer saya akan senang untuk menjalankannya. Eh Btw rio lulusan mana? dan jurusan apa?

    ReplyDelete
  41. Wah iya seumuran ya hhaha :D
    Oke2 gis, thanks info nya ya. Gw lulusan universitas islam indonesia d jogja jurusan aacounting international program. Lo dlu dmn gis? Stlah hrd ada tips lain? Kmren yg masuk brg gw dy jawabny panjang lebar gan, dan bkal pertimbangin karna klo staff grade ny beda dgn tcb. Klo gw jwab ya siap aja apabila kepitusan manjemen perusahaan menilai saya lbh berpotensi berkembang mnjdi staff dlu. Kira2 mnrut agis gmn?

    ReplyDelete
  42. Gw di Ilmu Komputer UI yo, setelah HRD latihan presentasi yo biar mateng, tapi kuasai lagi CV sih jangan sampe diminta jelasin yang d CV ga lancar jadi keliatan ga sungguh2 sama kegiatan yang ada di CV tersebut. Kalau gw sih prefer ke jawaban yg kedua, tapi kan setiap penginterview punya sudut pandang masing-masing, mungkin ada faktor lain yang bakal dipertimbangin sama org yang di interview.

    ReplyDelete
  43. mas, mau nanya.. saya besok kan dapet panggilan psikotest di cimb niaga surabaya.. itu tes psikotesnya lama gak mas? trs psikotest aja atau sama tes yang lain? soalnya saya juga ada tes di tempat lain.. makasih

    ReplyDelete
  44. jangan anonymous dong, ga mau jawabin kalo koment anonymous :D

    ReplyDelete
  45. hehe.. iya maap mas.. trs itu gmn mas? psikotesnya lama gak ya? bingung ini -.-

    ReplyDelete
  46. bentar kok tesnya sekitar satu jam walaupun soalnya banyak ada 5 bagian kalo ga salah dan masing2 ada 60 soal. Itu emg sengaja soal banyak dengan waktu singkat gitu, dulu pas ngerjain juga cuman bisa setengahnya tiap bagian. psikotes doang kok nimas, kalau lolos psikotes baru ada tes lain

    ReplyDelete
  47. halo mas agis,

    salam kenal! saya annisa, salah satu peserta seleksi TCB CIMB NIAGA. saya sudah baca blog mas mengenai TCB, dan sempat beberapa kali mengontak mas lewat kaskus (di kaskus saya pakai account teman saya, 904as). terima kasih ya untuk bantuannya selama ini! saya ingin bertanya mengenai TCB nih, jadi saya pikir lewat email saja :)

    alhamdulillah saya sudah sampai tahap medical check-up mas, dan sekarang sedang menunggu kabar berikutnya. di blog mas, mas tulis bahwa kalau sudah med check, kemungkinan diterima sudah cukup besar ya.. jadi saya mulai mempersiapkan diri kalau memang diterima. banyak yang saya ingin tanyakan ke mas, hanya mungkin lebih luwes dan efektif kalau bicara langsung, ya.. apa mas keberatan kalau saya telepon mas? atau mungkin kalau lebih enak ketemuan langsung, saya bisa saja kalau mas ga keberatan. mungkin saya bisa mendatangi cabang niaga tempat mas sedang training saat mas ada waktu (lunch time/sesudah pelatihan).

    hehe, maaf ya kalau kesannya saya terlalu antusias atau forward.. hanya ingin mempersiapkan diri sebaik2nya aja. sekali lagi terima kasih banyak untuk bantuannya selama ini, ya!

    salam hangat,
    annisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah selamat ya, iya emang kalau udah medical checkup dan lolos interview direksi kemungkinannya besar banget itu.

      Btw telepon aja gpp nis kalau mau tanya-tanya mah, tapi jangan hari ini ya kalau mau telepon besok aja nis hari ini mager ngapain banget dan suara lagi rebek karena batuk hahahaha. ntar contact email dulu aja ya azgi_mcs@yahoo.co.id

      Delete
  48. Siang Pak Agis Cevi

    Pak saya Mario bsok saya ad tes tertulis di Cimb Niaga. Pak saya bole Minta tipe soalnya seperti apa? Thx Pak Agis Cevi

    Mario

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya bisa banget di kerjain kok, seriusan cuman masalah waktu aja sih yo sebenarnya karena soalnya banyak cuman di kasih waktu 4 menit perbagian

      Delete
  49. Dear Abangda,
    Saya baca informasti tentang Program The Complete Banker PT. Bank CIMB Niaga Tbk diblog abangda, dan sangat bermanfaat sekali informasinya.

    Saya berencana akan mengajukan lamaran ke PT Bank CIMB Niaga Tbk untuk posisi tersebut diatas.
    Mohon informasi lebih lanjut mengenai detail tentang point "Business Presentation". Mohonlah abangda jelaskan contohnya, berdasarkan pengalaman abangda dan mungkin teman-teman seperjuangan pada saat testing, tema apa saja kah yang ditanyakan Interviewer please.

    Kemudian pertanyaan seperti apa saja yang ditanyakan oleh Head of, Board of Director. Dan pada saat medichal check up, apa saja yang di check ?

    Saya sangat berharap sekali, agar saya dapat lulus untuk posisi TCB ini, dan besar harapan saya atas jawaban dari Abang atas pertanyaan-pertanyaan saya diatas. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw jgn panggil abang, mgkn kita seumuran mai panggil agis aja haha. Btw tanya d sms aja atau whatsapp. contact email dulu aja ya

      Delete
  50. Dear Mas Agis..
    Terimakasih untuk informasi mengenai TCB iaganya. Sanagat Bermanfat


    Saya irwan sedang megikuti proses TCB. berikutnya saya di undang pada Proses Busines Presentation. Kira-kira presentasinya berapa lama dan hal apa yang akan ditanyakan apakah full berbahasa inggris,..??

    Tks Sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalaman saya kemarin sih bisa sampe 1 jam, iya harus english, waktu itu pengujinya emang pake english. Tapi kalau pun ga bisa mendeskripsikan yang mau kita omongin dalam english, minta ijin aja jelasin maksudnya ini itu dalam indo.

      Sukses ya wan seleksinya

      Delete
  51. Hi Agis,

    My name is Mic. Sorry for using English here because I am from Malaysia.

    How is your training in the program?

    Are you still working in CIMB now?

    Can I Know what are the questions the interviewers will ask in different stages and what are the topics of the business presentation?

    Thanks and hope to heard from you soon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mic, actually I'm still training for this program. The program takes about 1 year, and it is my ninth month. Based on my experience, because i was freshgraduate and dont have job experience (except part time). They always asked me about my curriculum vitae (activity in university, achievement, organization etc).

      For business presentation, i was given a theme that is "interaction ".

      Are you join TCB Indonesia or TCB Malaysia? some of my TCB Friends come from University Kebangsaan Malaysia

      Delete
  52. Thanks Agis for your reply.

    Who is the audience for the business presentation? Are you given the theme a day in advance and how munch time do they given you to prepare? What are the criteria for them to judge you?

    During the job rotation, you will be located into different branch of the bank right or fix to one branch?

    Is all the steps 1-7 you mentioned in this article will be done in 1 day?

    I think i would join TCB Malaysia because I am not familiar with the place in Indonesia and I cannot communicate using Bahasa Indonesia.

    My problem is I am not sure whether I am suit for working in Banking industry because some functions of the bank are performed in the HQ branches. If I have the opportunity to join this program and I request to work in other states outside of the HQ branches (Malaysia has lots of states which KL is the capital and most of the bank's HQ are located in KL), my career may be being limited.

    Besides, i don't hope to do job which relate to sales.


    Could you please advise me?

    What have you learn so far in your in-class training and job rotation? Mind sharing and give me some tips to excel.

    Thank you.

    Regards,
    Mic

    ReplyDelete
    Replies
    1. the audience was "head of" (such as head of HR, head of finance etc..). I was given theme 1 day before I had to present it to head of. about the criteria i dont know exactly because i never get specific result, just an email that i passed to the next step.

      for on the job training, ya it will be rotated to different branch.

      the steps took more than 4 months for me, but it different for every candidates. the shortest process for candidate is 1 month and the longest is 5 months. It depend on availability of interviewer

      About HQ branch, hmmm... most of TCBian will be placed in HQ branch. But there are "carier aspiration session" and i think they also will consider our carrier aspiration

      I learn lot of things from this program, although i hate it at first time because i have to master everything about banking from teller to CEO, banking products, accounting, sales, capital market, operation etc. meanwhile my major in university was not related to bank. by the way what your major in university mic?

      Mic would you like to give your name on your post instead of anyonymous? just type name mic and type url which relate to you :D

      Delete
  53. Thanks Agis,

    I am majoring in accounting and finance.
    That's a lot for you to learn which I could see that.

    You have mentioned that you will be rotated in the HQ and other branches of the bank. It is meant that some of the TCBian might only rotate within the HQ department while some will rotate to different branche s of bank (either one only).

    Thanks.

    Regards,
    Mic

    ReplyDelete
  54. Bang agis bagi info dong gimana caranya ikut TCB CIMB NIAGA? besok aku ada tes tertulis di CIMB NIAGA, tapi dari rekruitment biasa. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada di job fair atau di jobstreet juga ada kok yu

      Delete
  55. bang agis, besok aku tes psikotest nih..boleh tau gak contoh soalnya gmn? thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes tulis nya seperti tes psikotes kok dan logika matematika

      Delete
  56. mau juga donk contoh tes tulisnya kayak gimana..makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes tulis nya seperti tes psikotes kok dan logika matematika

      Delete
  57. Halo kak Agiz, saya dapat undangan psikotes untuk program TCB nih,
    agak grogi saya. boleh minta contoh soalnya bagaimana gak?
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses ya irene undangan psikotesnya, logika matematika gitu soalnya, gampang kok cuman banyak doang soalnya. jadi pandai mengatur waktu aja

      Delete
  58. Selamat Pagi mas agiiss... aduh saya berminat gabung, tapi dari komen2 nya sepertinya terlihat sulit sekali ya?
    sekarang alhamdulillah saya menjadi guru di MTs swasta di jakarta, tapi saya ingin mencoba jenis profesi yang lain seperti banker misalnya, krena umur saya juga masih 22th. background pendidikan saya Sastra Inggris. apa memungkinkan saya untuk bergabung? mohon bantuan masukannya.. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi raisa, ga ada yang ga mungkin kok. Temen satu angkatan saya ada yang sebelumnya ngajar anak TK kok. Dan sekarang dia lulus program ini. O iya namun sayang raisa, untuk TCB sekarang ini dikhususkan untuk S2 dalam negeri atau S1 dan S2 luar negeri. Mungkn bisa d coba program lain seperti CoBaDp, CoMbaDP, ITDP AoDP, FoDP dll

      Delete
  59. Jessica Sharon6 April 2014 at 23:31

    Permisi mas, saya dapet panggilan untuk tes pertama TCB, boleh minta kirim kira2 bentuk soalnya seperti apa ke email saya di jessicasharons@gmail.com makasih ya mass

    ReplyDelete
  60. Permisi, apakah batch 9 sudah dimulai atau mungkin kapan dimulainya?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  61. Hai mas Agis, saya Toto, kebetulan besok senin 21 Apr sy dpt panggilan tes tertulis TCB di menara CIMB Niaga di jkt..boleh donk mas kirim bentuk2 tes tertulisnya, ke email yasarototonavo@yahoo.com. Trims, sukses dan lancar mnjalani program trainingnya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi eva, sukses ya semoga dilancarkan dan dimudahkan

      Delete
  62. Mas, saya mau tanya nih. Tgl 24 april lalu saya ikut tes business presentation tp sampe sekarang blm ada kabar apa2, hampir 2 minggu lamanya. Senin lalu saya cb tlp dan katanya nanti dikabarin lwt email, smpe skarang blm ada email. Itu artinya saya failed ya? Saya penasaran jdinya... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu failed, kalau lanjut atau failed nanti pasti ada pemberitahuan. Mungkin sebenarnya kamu lanjut cuman nunggu peserta lain biar bareng seleksi ke tahap selanjutnya #pengalamanGwDulu

      Delete
  63. hallo mas, saya irvan nie salam kenal. saya kebetulan masuk daftar peserta tes dari job fair. kira2 tesnya apa aja ya pas nanti itu, soalnya ngeliat waktunya cuma 2 jam mas. dari jam 9-jam 11. mohon infonya dounks. kalo tesnya psikotes bisa minta perkiraan soalnya ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya, semoga selanjutnya dilancarkan dan dimudahkan. Soalnya emang banyak, tenang aja gw juga ga sampe keisi semua mgkn cmn 50%, biasa psikotes emang gitu. Soal-soal psikotes pada umumnya seperti yang saya jabarkan pada artikel diatas van

      Delete
  64. Pagi mas Agis...

    Kemaren saya ikutan daftar di jobfair ITB buat program TCB. Saya mendapatkan panggilan tes tanggal 20 mei besok. Akan tetapi, IPK saya nanggung banget, cuma 3.23 dari syarat 3.25. Nah, itu kira2 masih bisa masuk TCB, atau masuknya ke kategori yang dibawah TCB?

    O iya, boleh minta contoh soal tes awalnya mas? email saya harsiswanto@gmail.com

    Makasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Harry, Gpp IPK 3,23 selama kamu punya nilai lebih dari kepribadian atau prestasi non akadems lo, biasanya kalau yang tidak lolos TCB nant bakal dtawarin program lain yang sesuai dengan passion.

      Delete
  65. bank besar sih tapi syaratnya ipk nya gak sebanding sama gajinya. mandi**, br*, dll yg syaratkan ipk 3.0 aja bisa kasih gaji susah bersih potong pajak. kalau niaga masih gross. *mantan karyawan yg kecewa sama management

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya pendidikan sih 2012/2013, untuk salary freshgrad jauh lebih besar dari bank yang km sebutkan diatas sh, *cek temen yang pendidikan di bank yang agan sebutkan diatas*

      Delete
  66. amien.. makasih mas.. mas, boleh minta contoh gambaran soal buat psikotesnya ga? qlo boleh minta dong.. send ke irvanyogapardistya@yahoo.com.

    ReplyDelete
  67. amienn.. makasihh ya mas.. mas boleh minta gambaran soal psikotesnya ga? kalo boleh tolong send ke email irvanyogapardistya@yahoo.com doung. buat latihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu sama sih soalnya, nanti coba di cari dulu.

      Delete
  68. Boleh suggest gak kos2an yg deket sama Dynaplast atau CIMB tower Karawaci nya? Rencana nya mau nge-kos pas in class training ny. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu gw kos selama pendidikan di islamic village, banyak kosan diperumaha situ. atau d harapan kita

      Delete
  69. Selamat sore Mas Agis,

    mas agis, saya ikut tes tcb tgl 6 mei kemaren di bandung dan langsung besoknya interview branch manager dan dijanjikan buat interview direksi di jakarta. Dia sih ngejanjiinnya bakal di informasikan kembali. Tp kok sampe skrg belum ada infonya ya? apakah emang lama proses buat ke interview direksi? Makasih ya sebelumnya :)

    ReplyDelete
  70. kalau sudah di info, ditunggu aja. Waktu itu gw juga lama, dan sempat di reschedule

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya nih panjang umur baru dibicarain, eh ga lama nongol email dari cimb niaga dan katanya jadwal buat interview tanggal 4 juni.
      doakan ya mas, semoga bisa nyusul. hehe

      Delete
    2. Amieen.... bagus kalo gitu. Sukses ya gung semoga lanca nanti

      Delete
  71. Hi Agis, mau tanya2 ttg TCB..

    1. Minggu lalu saya interview dgn pak HT, HR director, untuk TCB batch 9, tapi blm ada kabar lagi. Setelah ini masih ada itvw lagi atau tinggal medcheck & sign contract? Range waktu dari interview ahir - medcheck - sign contract brp lama ya? krn waktu psikotest infonya mulai program nya Mei, tapi ini udah mau Juni he..

    2. Kalau udh itvw direktur kira-kira chance lulusnya brp persen? masih mungkin failed ga? Saya baru lulus s2, di feui, kmrn sih 2 kandidat lain lulusan luar negri, jadi insecure nih. Udah berharap banget soalnya, udah nolak dan ditolak yang lain *eh jadi curhat :p

    3. Skrg masih OJT atau udah lulus program training 1 tahunnya mas? Survival rate & competitionnya gimana? Boleh minta emailnya nggak mas? untuk tanya2 lagi..

    Makasii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hanifah...

      Namanya Hanifah jadi inget temen deket gw dulu :D
      1. Kebanyakan interview direksi biasanya cuman sekali, setelah inteview direksi lanjut ke medical check up. Cuman waktu angkatan gw, 2 orang temen yang lolos, Interview direksi smp 2 kali dengan direksi yg berbeda. Mungkin ada pertimbangan lain. Setelah itu baru medcheck dan sign contract. Kalo untuk range waktu itu berbeda-beda, jadi ga bisa memastikan sebenarnya karena diprosesnya tiap orang. Kalau belum ada pemberitahuan via email statusnya ada kemungkinan jadwal mulai pendidikanya di undur seperti jaman gw dl.

      2. Interview direksi masih mgkn banget failed. Karena waktu gw dl beberapa peserta bnyk yg failed disini. Santai, pas gw juga banyak lulusan luar wkt itu tapi alhamdulilah sh gw bisa keterima. Btw gw juga lulusan UI loh dn jurusan gw gak ada basic bangkingnya hehe, jadi kita satu almamater :D

      3. Sekarang udah lulus, kalau mau tanya-tanya boleh via sosmed aja. d pojok kiri blog gw ada icon fb jd bisa langsung mesej aja

      Delete
  72. Haloo, thank you udah sharing tntng pengalamannya. Saya dapet panggilan untuk tes pertama TCB. Boleh tanya kira2 bentuk soalnya seperti apa? email saya anastarsia.hartanto@gmail.com
    Terus mau tanya juga, kalo udah lulus program ini dikontrak kerja di CIMB selama brp tahun ya? ijasah sama transkrip ditahan ngga? hehe makasiiiih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok anas, pendidikan kan satu tahun, nah setelah pendidikan itu ada ikatan 3 tahun. Ijazah d tahan doong haha

      Delete
  73. Hii Mas Agis,
    aku lolos administrasi TCB dan masuk ke psikotes.
    Could you please help me by sending the examples of questions?
    ke emailku: pembayunp@gmail.com
    Untuk melihat-lihat persiapan apa yg bisa aku lakuin. Thanks a bunch!

    ReplyDelete
  74. Permisi mas, kenalin sya Kamal, saya dapet panggilan untuk tes tertulis Development Programe, blum ada pngalaman sm skali alias fresh graduate gtu, boleh minta kirim kira2 bentuk soalnya seperti apa ke email saya di hasankamalleo1@gmail.com , paling gk dpt gambaran btk soalny, makasih ya mass

    ReplyDelete
  75. mas saya sudah kirim email..mohon di cek ya,,,makasih

    ReplyDelete
  76. Mas Agis, thank you bgd atas info2 tentang TCB di blognya. Aku sudah lulus psychotest dan dipanggil untuk role play interview. Waktu aku cari2 di internet ttg role play TCB CIMB Niaga, kayanya di proses seleksi batch sebelumnya belum ada proses interview role play ya? kira-kira bisa kasih tips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebelumnya memang belum ada role play, ada role play mulai di batch 10 deh bel. Intinya kisa dikasih role gitu terus ngeliat gimana kita solve sebuah problem dengan role trsbt

      Delete
  77. Pengumuman, saya tidak bisa membalas email pribadi lagi. Kalau ada yang mau bertanya silahkan komentar di blog ini saja. Biar pertanyaan yang sama tidak diulang-ulang terus.

    Thanks

    ReplyDelete
  78. Permisi mas, saya dapet panggilan untuk tes pertama TCB bsk stlh masukkin berkas di job fair kemarin dlu, boleh minta kirim kira2 bentuk soalnya seperti apa ke email saya di juniantisolema @gmail.com makasih ya mas

    ReplyDelete
  79. Haloo, thank you udah sharing tntng pengalamannya. tadi saya interview dan besok tes tulis di CIMB Niaga Karawaci.. Boleh tanya kira2 bentuk soalnya seperti apa? email saya febrina_adara@ymail.com
    apa bener tesnya katanya 3jam?
    thanks infonya

    ReplyDelete
  80. Haloo mas agis, saya td abis interview dan besok ada tes tulis di CIMB Niaga Karawaci. Boleh tanya kira2 bentuk soalnya seperti apa? email saya febrinadara.lubis@gmail.com apa bener tes nya 3 jam?
    saya harap mas agis merespon dan kirim ke email saya ya...
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho Febri, maaf telat respon. Untuk tes waktu itu memang 3 jam

      Delete
  81. Mas Agis, saya mau tanya tentang recruitment TCB 2015, saya lihat di website CIMB Niaga alamat email untuk apply adalah careers@cimb.id, tapi email saya ga delivered (domain penerimanya ga aktif), trus saya coba research lagi, saya nemu careers@cimbniaga.co.id dan status delivered (domain penerima aktif), apakah ini email yg benar untuk apply TCB? atau mungkin mas Agis bisa memberikan info2 lain untuk apply di TCB (alamat email lainnya, link website untuk apply, etc). Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi andy, kalau kamu ragu saya bisa bantu untuk menghubungkan dengan PIC recruitmentnya secara langsung. Kamu kasih email kamu saja, Nanti saya coba contact kamu via email.

      Delete
  82. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  83. Halo kk agis, selamat siang.
    Saya aan mau bertanya.
    Kebetulan bulan lalu saya sempat mengajukan lamaran ke CimbNiaga ( Denpasar ) dan kemarin lusa saya mendapat panggilan untuk mengikuti test tulis untuk hari senin besok kk. Biasanya untuk test tulis ini berbanyak atau sendiri2 kk? Trus biasanya test tulis ini berlangsung sekalian dengan test wawancara? Dan sangat dituntut untuk bisa berbahasa inggris kk? Soalnya saya tidak terlalu bisa bhs inggris. Ini sangat benar2 baru buat saya, merasa kurang PD dan sangat grogi... kalo kk berkenan tolong bimbingannya ya kk. Dan jika kk punya contoh soal dan apa yang harus dilakukan pemula seperti saya ini, bisa kirim ke email saya kk
    andra_ceko7@yahoo.com
    Makasi sebelumnya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kamu ikut program pendidikan apa? Kalau TCB persyaratanya memang harus menguasai b.inggris baik lisan maupun tulisan. Ada banyak program pendidikan di CIMB Niaga soalnya. Untuk tes tulis biasanya bersamaan dangan peserta lain. Pada umumnya, Stlh dinyatakan lolos tes tulis baru kemudian dipanggil untuk interview. Kamu coba cek lagi program pendidikan yg km pilih apa di CIMB Niaga nanti saya kasih masukannya.

      Delete
  84. mas mau nanya tahap recruitment untuk staff backoffice atau officer biasa itu berapa tahap ya ? saya ikut tes di wisma cimb niaga bandung. maap pake animous ga ngerti klo url di isi apa ya ?

    ReplyDelete
  85. Hi Agis,

    My apology for using English here, as my Bahasa is not very good. I am from Malaysia.

    Great info here. I thoroughly appreciate your effort on allowing us to make an informed decision.

    My name is Jin and I have been invited to the 3rd round of the TCB programme recruitment process, Business presentation.

    Would you kindly share any advice you have about the business presentation?

    I am happy to discuss it with you via email.

    I can be contacted via email: yuenjinfoo@gmail.com

    Best,

    Jin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jin,

      It is OK for your Bahasa, I'm glad that my writing will be helpful for those who interested in TCB Programme.

      Congrats for ur next round, for Business Presentation the audience was "head of" (such as head of HR, head of finance etc..). I was given theme via e-mail 1 day before I had to present it to head of. The theme itself was about "interaction with customers/team member/leader". I'm not sure if it would be the same theme with ur Business Presentation theme, However, at least you get a picture from my previous theme

      Delete
    2. halo agis,

      mau tanya seputar Role Play, kira2 tesnya per individu atau group seperti FGD? Biasanya topiknya mengenai apa yaa beserta contohnya? Thanks

      Delete
    3. Hi Tupac,
      Nanti akan saya update di artikel perihal role play TCB. Berdasrkan informasi dari batch yang role play itu individu. Jadi nanti dihari itu bakal dikasih sebuah materi, nanti kita diminta untuk membaca dulu materi tersebut dikasih waktu sekitar 15 menit s.d 30 menit dimana didlamnya misal kita diminta memposisikan sebagai banker yang sedang menerima complain nasabah. Kemudian nanti akan dipanggil oleh penginterview, dan penginterview akan bertanya perihal solusi dari kita permasalah tersebut.

      Delete
  86. Mas Agis, selamat sore.
    Saya mau nanya nih, saya kan besok ada role play interview, trusan kalo diliat dr komen2 sbelumnya kan beda ya prosedurnya sama yang mas Agis mentioned diatas, kira2 apa prosedur/stepnya jadi lebih pendek kah? soalnya kaya psiko testnya kmrn uda sempet via online sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Suwandi,

      Nanti akan saya update di artikel perihal role play TCB. Berdasrkan informasi dari batch yang memang dalam seleksinya menggunakan role play. Jadi nanti dihari itu bakal dikasih sebuah materi, nanti kita diminta untuk membaca dulu materi tersebut dikasih waktu sekitar 15 menit s.d 30 menit dimana didlamnya misal kita diminta memposisikan sebagai banker yang sedang menerima complain nasabah. Kemudian nanti akan dipanggil oleh penginterview, dan penginterview akan bertanya perihal solusi dari kita permasalah tersebut.

      Delete
  87. Malam Mas agis,
    saya mohon bantuan nya dong saya hari senin ini ada tes di cimb niaga icon pondok indah.
    bisa minta contoh soalnya ga ?
    jamespurba60@gmail.com
    terimakasih sebelumnya mas agis.

    ReplyDelete
  88. Selamat siang mas agis...
    Saya ingin bertanya, kira-kira perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk interview HR. Kebetulan saya dapat panggilan untuk interview HR setelah menjalani tahap psikotes. Saya ikut program DP.... Kebetulan ketika ditelp, saya tidak diberi penjelasan harus membawa perlengkapan apa saja dan harus mengenakan pakaian yang seperti apa..
    Terima kasih,,,

    ReplyDelete
  89. Dear Mas Agis

    Aku sekarang lagi ojt di bank cimb niaga... tapi grade saya sekarang officer... ndak yang saya ikui ini sama kayak TCB

    oh ya mas agis sekarang kantornya dimana,, kalo boleh minta contact nya donk.. biar bisa ngobrol

    thanks

    ReplyDelete
  90. Halo Agis, baru lihat blognya dan tulisan mengenai TCB ini, bermanfaat sekali :D
    Mau nanya boleh ya, tapi pertanyaannya agak melenceng. Haha. Untuk syarat yg saya lihat utk progran TCB ini Single, jadi apakah selama masa pendidikan atau selama kontrak (yg kurang lebih 3tahun ya?) boleh menikah? Thanks in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama, senang kalau bermanfaat yah. Selama pendidikan aja tidak boleh nikah, setelah lulus udah bisa nikah kok. Pendidikan kan setahun, Ikatan dinasnya 3 tahun.

      Delete
  91. Halo Agis, makasih infonya! Menarik! Saya mau tanya boleh ya hehe. Saya sebulan yang lalu pernah daftar TCB Cimb Niaga, terus kemarin dapat invitation untuk online assessment via SHL assessment. Kira-kira Agis pernah denger gak ya? Soalnya saya takut ini fraud, invitationnya dr SHL langsung, tapi tidak disebutkan posisi yg saya apply apa, dan memang ada email dengan domain @cimbniaga.co.id. Terimakasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi fatima,,
      Wah saya blm pernah denger anak tcb yg menggunakan SHL assesement. Tp domain emailnya udh bener kok itu, mksdnya metode penerimaan baru

      Delete
    2. Hai fatima dan agis.. Mau ikutan nimbrung yaa..
      Tadi pagi gue jg dpt email utk ikut online test TCB lewat SHl assesement..mau tny ke fatima,gmn pengalaman kamu ikut test online itu? Mau tny jg ke agis, sama ga sih tahapan yg pake test online sama tahapan yg kamu ikutin? Sampe skrg TCB udh ada brp batch ya? Thankyouuuu

      Delete
    3. @stah,
      harusnya sih sama, test online bisanya cuman screening tahap awal. selebihnya akan mengikuti proses yang sama. Saat ini TCB sudah batch 12 yang akan masuk

      Delete
  92. Hello Kak Agis. Thanks buat info nya, bener2 helpful. :)
    Saya mau tanya, kan ada 3 tahun ikatan dinas dan ada persyaratan willing to be posted at all branches. Itu maksudnya di any cabang di seluruh Indonesia or di daerah Jabodetabek aja? Soalnya di beberapa job search website, work location nya ditulis Jakarta.
    Saat placement ikatan dinas, apa preference kita mau kerja di lokasi mana juga dijadikan faktor pertimbangan CIMB?
    Finally, soal penalty kalo breach contract, boleh tau nominal nya ga? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo chaterine,
      utk TCB pada umumnya penempatan di Jabodetabek. Kecuali memang anaknya yg bersangkutan meminta di daerah maka kemanungkinan dikabulkan juga ada. So far sih lokasi tidak sebagai pertimbangan yah.
      utk penalty dikenakan Rp 250juta nih

      Delete
  93. Halo mas Agis, saya mau tanya untuk apply recruitment TCB 2015 apa benar emailnya careers@cimbniaga.co.id ? soalnya email yang tertulis di website tidak aktif atau mungkin mas Agis ada info lain untuk apply TCB ? biasanya recruitment untuk TCB buka bulan apa ya ? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tin bisa melalui itu juga.
      kalau memang tidak aktif sy bisa bantu forward ke pic nya TCB reqruitmentnya. Japri aja ya tin.
      utk reqruitment itu di awal tahun dan akhir taun, karena biasanya kelas d mulai juni atau september

      Delete
  94. Selamat Pagi Mas Agis, saat ini saya sedang proses rekrutmen (menunggu interview head office) untuk posisi Unit Manager Development Program (UMDP) di CIMB Niaga. Mas apakah saya bisa memperoleh informasi mengenai Grade Pekerja di CIMB Niaga dan benefitnya seperti apa ya mas?
    thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga,
      maksudnya grade utk unit manager kan ya?harusnya sih dimulai dari assiten manager dulu ya, utk benefit nya dapat ditanyakan pada saat offering letter nanti, karena biasanya disitu akan diperjelas sama hrdnya

      Delete
  95. Halo bro Agis, mau nanya.. Kira2 range gaji TCB 2015 berapaan ya? Klo di angkatannya bro Agis berapaan ya rangenya? Biar ada gambaran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, pas lagi pendidikan udah oke kok gaji aka salarynya, setelah lulus juga ok. Lo japri aja ya utk nominalnya

      Delete
  96. Mas bro tw gk gji credit reviewer cimb niaga kisaran brp? Mhn bs dijwb di arya.wibawa57@rocketmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Japri aja yah untuk gajinya, kebetulan bbrpa tmn gw di reviewer

      Delete
  97. Mas bro brp gaji utk credit reviewer di cimb niaga? Mhn dijw. Di arya.wibawa57@rocketmail.com

    Thx

    ReplyDelete
  98. Halo kang agis cevi
    boleh minta contoh test psikotest untuk test TCB ke email ravitiadewi@gmail.com
    Sebenarnya saya masih bingung. Kalau boleh dijelaskan bedanya TCB dengan ODP apa ya? Trs posisi untuk keduanya apa yang membedakan. Kebutulan saya mahasiswa tingkat akhir yang alhmdulilah dpet beasiswa BU cimb niaga yang bentr lagi mau test TCB. Tp saat ini saya ingin mencari tahu lebih banyak tentang program itu. Sekiranya kang agis bersedia untuk sharing pengalaman. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ravitia,
      TCB dan ODP di CIMB Niaga bedanya kalau TCB nanti penempatanya lebih luas, nah kalau odp tidak bisa leluasa krn kalau ODP lebih spesifik. Contoh ODP Audit, maka nanti ditempatinnya di Audit atau ODP Marketing maka nanti akan jadi Marketing. Perbedaan lainnya pada saat lulus program Grade TCB lebih gede satu level diatas anak lulusan ODP. Btw sukses yah tesnya, lebih baik TCB dulu. Kalau TCB ga bisa lanjut biasanya dipindahin ke ODP. Utk contoh dcari dl yah tp ga jamin masih sesuai atau blm krn saya tesnya udh 3thn lalu

      Delete
  99. Christiany Hartati29 July 2015 at 10:02

    Dear Mas Agis, terimakasih buat artikelnya banyak membantu untuk tau proses TCB seperti apa. Saat ini saya sudah apply posisi TCB via jobstreet, dan sedang menunggu kabar baik utk psikotes online.
    Kalau tidak keberatan, bolehkah Mas Agis kirimkan contoh soal psikotes yg dulu ke alamat email saya di ChristianyNHS@gmail. com ??
    Ohya mas Agis, saya boleh tau ga info soal gaji TCB saat training dan setelah diangkat jadi pegawai tetap?
    Mohon infonya Mas Agis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi christiany,
      Sorry for late reply. Sukses yah untuk seleksi TCB Programme nya di CIMB Niaga untuk tahun 2015. Untuk gaji atau salary TCB saat ini saya japri via email mu yah.

      Delete
  100. Halo kak, maaf banget ini anon karna gatau cara pakenya hehehe. Mau dong kak sharing2 buat TCB. Nama aku Ina dari ITS surabaya :) email aku shabrina168@yahoo.com . Makasih banyak ya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo anon, iya gpp. Nanti saya hubungin kamu di email tersebut yah non

      Delete
  101. Mas, sebelumnya terima kasih atas tulisannya, saya jadi mendapatkan gambaran lbh jelas untuk proses rekruitmen TCB ini. Klo boleh tau, saya bisa tau apakah program ini mencangkup bagian investment banking nya? Selain itu, bisa kasih saya info gaji? Lewat pm aja mas ke nataliahindarto@yahoo.com.au

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nathalia,
      Hai nat, ya TCB termasuk mempelajari investment banking. Beberapa project assignment anak TCB pernah di investment banking termasuk permanent placement. Untuk gaji TCB di 2016 boleh nanti saya hub via email yah

      Delete
  102. hallo mas agis, tulisan berguna banget nih ngasih overview soal TCB.
    oh ya, boleh bagi info tentang rolepl ay? ada tips2 nya ga?
    japri di viona.natalia92@gmail.com
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....
      Roleplay nanti kamu di kasih case jika jadi pimpinan terus ada trouble. Sprt complaint nasabah dll. Nah nanti kami bakal suruh meranin gimana jadi leader bukan bos saat handle casenya. Tipsnya coba cari video roleplay deh d youtube

      Delete
  103. Hii Mas, mau tanya2 terkait dengan proses seleksi setelah Online Test, apakah tahapan FGD atau tidak. Kalau boleh sharing mau minta ID Line
    thanks

    widyashabar
    UI
    email: widya.shabariyah@gmai.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo widya,
      Saat ini FGD diganti dengan roleplay. ID line boleh aja, tp ga dishare d sini yah biar ga nyebar. Widya hub sy di tab hubungi saya aja

      Delete
  104. Halo mas Agis, namaku Cynthia dan lagi progress untuk TCB programme.
    Boleh tau info ttg gaji TCB selama pelatihan dan setelah graduation berapa?

    Bisa di-email ke email pribadi aku langsung yah cynthia.dps123@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo chnthia, boleh nanti saya contact yah

      Delete
  105. Hallo Mas Agzi,

    Saya Dhani, sempet interview dengan direktur Pak HT untuk program TCB. Saya mau tanya, apakah mas dapet bocoran mengenai berapa orang yang sudah diterima untuk program TCB batch ini? Saya sudah sebulan lebih menunggu kabar hasil interviewnya dan sekarang sudah hopeless karena lama sekali pemberitahuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dhani,
      Kebetulan ada yg hub saya juga perihal pengumuman TCB, dia juga sama interview direksinya dengan pak HT. Dan sampai dengan saat ini blm dikabarin juga. Biasanya kalo lolos atay failed suka di email kok dhan. Tadi saya ke Lantai M CIMB, dan nemu masih ada yg proses interview utk TCB. Biasanya sh kelas dimulai akhir september atau awal oktober

      Delete
  106. Halo Mas Agis, saya tertarik dengan program TCB ini. Kalau boleh tahu info gaji pada saat training dan pada saat lulus berapa? dengan tunjangan2 yg didapat. Oiya mas, untuk career path TCB ini gimana? kan mas Agis sudah lulus dan bekerja beberapa tahun. Boleh di email ke email saya di hiromi_ega@yahoo.com? Terimakasih banyak Mas atas infonya

    Warm Regards
    Ega

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ega,
      maaf banget baru reply, latelt ive been so busy hehe. Untuk career path yang pasti lebih keren sih dibandingkan dengan yang ga ikut TCB. Saya baru 3 tahun kerja di CIMB September kemarin jadi jalan mau 4. Saya japri kamu yah

      Delete
  107. Annisa Permatasari6 October 2015 at 23:14

    Halo mas Agis

    Sebelumnya terima kasih untuk tulisan mengenai TCB nya sangat memberi masukan mas. Saya Annisa, yang dulu magang di CIMB dan kebetulan saya bersama teman saya mengikuti kelas training TCB Batch 6 ketika di Dynaplast Karawaci dan kemudian di HO yakni di energy (kalau mas agis masih ingat , saya berdua teman saya dari UI magang di divisi value chain). Agustus 2015 kemarin saya baru saja lulus dan ingin mencoba TCB dan COBADP. Kalau boleh tau, bagaimana cara mendaftar TCB (apakah via email graduate.careers@cimb.com atau langsung drop CV ke Niaga). Email saya ssannisap@yahoo.com

    Terima kasih banyak mas Agis, semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai annisa,
      Iya saya masih ingat kok, kalian yang berdua dibelakang kan ya. Dan sempet ketemu juga waktu kalian lagi di value chain timnya Pak Hadi. sebenarnya kalau channel sama aja nis. nanti juga tujuanya bakal langsung ke HRnya niaga. Banyak juga kok yang daftar TCB lewat jobstreet nis. Nanti saya japri yah

      Delete
  108. Salam kenal Mas Azgi..
    Saya Edy

    Maaf nih klo OOT, tapi memang lgi butuh.
    Kebetulan ikutan ODP CIMB Niaga. Nah skg lagi cari2 kost yg deket didaerah karawaci, yg deket am Menara CIMB Niaga. Kira2 ada info gk ya Mas Azgi kos2an cowo deket tempat pelatihan? Klo ada mohon info ya Mas Azgi.. :)

    Terimakasih banyak Mas Azgi..

    Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eddy, salam kenal. Dulu saya kos di Islamic Village. Kalau mau ke karawaci bisa jalan kaki sih cuman 15 menit. Di islamic yang deket mesjid jami disitu ada kosan Non AC 500 ribu dan AC 800 ribu dan ada kolam renangnya di dalem.

      Delete
    2. Terimakasih Mas Agis untuk responnya.

      Klo boleh, bisa minta kontak kos2annya gk Mas?mungkin masih ada. sekalian nama kos2annya atau nama pemilik kosnya. hehe

      klo boleh, mohon dikirimkan ke email saya esantoso689@gmail.com

      Terimakasih Mas Agis,,sukses selalu...

      Delete
  109. Halo Mas Agis, saya tertarik dengan program TCB ini. Kalau boleh tahu info tes dan FGD nya sperti apa ya?selain itu kira2 masukan atau skedar tips untuk mnghadapi presentasi dan interview BOD. Boleh di email ke hasan18788@hotmail.com? Terimakasih banyak seblumnya Mas atas infonya..

    Regards,
    Hasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hasan, sorry for late reply.
      Untuk tes psikotest layaknya psikotes biasa aja, kalo jaman gw banyak main di number. Coba pelajari aptitude aja.
      Untuk presentasi bisnis coba tonjolkan leadership qualitynya. Kalo BOD harus d cek dulu nanti ketemu BOD direkorat mana, karena bakal beda environmentnya

      Delete
  110. Hello mas azgi. Saya malaysian.
    Tpi bisa kok fhm bhs indonesia sikit2. Jadi mau nanya. Kenapa yea satu batch itu disclassified dalam group? Seperti gambar mas tunjuk di atas ada group 1-5. Adakah
    Ini bermakna kita bekerja atau belajar degan group yang sama sepanjang class
    Room training? Soalan kedua.
    Selepas selesai sign contract/offer letter.
    Apa boleh kita tarik diri? Tpi sebelum
    Masuk kerja/ classroom training

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi iman,
      Kamu ikutaj TCB indonesia 2016 atau TCB Malaysia 2016?
      Itu dibagi kelompok waktu On The Job training aja. Tiap group akan berubah jila module on the job trainingnya berbeda. Di jamam saya 3x ganti group. Cuman selebihnya untuk kelas kita sama-sama.
      Boleh taril diri, tapi nanti kena penalty

      Delete
  111. Mas Azgi boleh minta id line? Mau nanya-nanya ttg teknis rekrutmen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi putri,
      Kamu lagi proses The Complete Banker CIMB Niaga 2016 kah?
      Kasih aja line kamu, nanti sy yang add. Atau bisa hub saya di tab hubungi saya di blog ini

      Delete
  112. hi mau nanya donk, setelah dinyatakan lulus, ikatan dinasnnya boleh menikah atau nga sih? klo ga mohon info selama brp lama kira kira.

    makasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. stelah selesai pendidikan baru boleh menikah

      Delete
  113. Halo mas asgi, sebelumnya makasih udah mau share pengalamanya mas, sangat membantu sekali.
    Mau tanya mas, klo program SMEDP itu gmn ya mas?
    Soalnya saya besok ada jadwal interview HR mas, terima kasih mas asgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah membuat tulisan tentang SMEDP, silakan klik link ini yah http://azgi.blogspot.co.id/2016/05/small-medium-enterprise-development.html

      Delete
  114. Halo Mas Azgi, perkenalkan nama saya Ninis. Kebetulan bbrp waktu yang lalu saya diterima di program RODP CIMB ini. Yang ingin saya tanyakan sebagai orang yang terlebih dahulu berkecimpung di CIMB, bagaimanakah prospek RODP ini? Dengan target yang tinggi apakah akan terfasilitasi baik oleh perusahaan misalnya kendaraan untuk memudahkan mobilitas. Bukan saya tidak menyukai bidang marketing hanya saja keraguan saya berasal dari kurangnya relasi saya disini karena saya bukan orang Jakarta asli dan pula apabila nanti kita kesana - kemari mendatangi nasabah apakah akan memakai biaya kita sendiri? Sementara untuk memenuhi livingcost di sini pun tinggi. Mohon pencerahannya mas. ( ninis - ameitiyah@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi ninis,
      ya nanti ada kendaraan untuk tim buat mobilisasi ke nasabah, jadi santai aja, kalau pun ga ada akan di reimburt taxi biasanya jika ada meeting ke nasabah.

      So far saya nyaman nis di marketing apalagi untuk marketing korporasi

      Delete
  115. Thank you Pak Agis untuk sharingnya.

    Pak, saya sekarang sedang ingin join CIMB dan dalam proses perekrutan. Kalau boleh tahu Pak benefit dan salary untuk TCB apa aja ya Pak? Butuh info sebagai bahan pertimbangan. Supaya lbh mudah info n ngobrol2nya ini email saya Pak: antonius.jeffrey@gmail.com

    Thank you banget Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi jeffret, noted.
      Benefitnya banyak sih selain karir yang bagus dan cepat tentu salary yang berbeda jika tanpa melalui program ini

      Delete
  116. Hallo mas azgi sy mau nanya2 agak banyak soal tcb. Boleh minta id line?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi nurul,
      Boleh bisa kontak saya di hubungi saya blog ini

      Delete
  117. Mas azgi, saya ingin bertanya tentang program sales development program di cimb niaga?
    jujur saja saya kurang paham dengan program ini, karena sangat minim informasi tentang sdp. Setelah lulus program ini kira2 akan menempati posisi apa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi ian,
      saya sudah buat artikel tentang marketing program cek disini yah
      http://azgi.blogspot.co.id/2016/05/small-medium-enterprise-development.html

      http://azgi.blogspot.co.id/2016/05/relationship-manager-development.html

      Delete

  118. Halo mas Agis, nama sy alim dan lagi progress untuk ODP.
    Boleh tau info ttg gaji ODP selama pelatihan dan setelah graduation berapa?

    Bisa di-email ke email alimfajri@ymail.com
    mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi alim,
      ODP yang mana ini? SMEDP atau RMDP?
      artikelnya sudah gw buat di
      http://azgi.blogspot.co.id/2016/05/small-medium-enterprise-development.html

      http://azgi.blogspot.co.id/2016/05/relationship-manager-development.html

      japri yah lim

      Delete
  119. pagi kak azgi, aku kemarin sempat ikut training kejar mimpi yang dibuat cimb niaga, dan memang setelah lulus kuliah mau masuk program TCB cimb, kira2 aku boleh tanya lebih lanjut kah ka azgi lewat wa atau line? thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, contact bisa di cek di bio/about yah

      Delete