01 July 2014

[EnjoyJakarta] Berwisata Sembari Peduli Lingkungan di Pulau Pramuka

Pada tanggal 4 Juni tahun lalu, di pagi hari sebelum matahari menampakan wajahnya kami bergegas untuk pergi berwisata selepas ujian akhir semester berakhir di kampus Universitas Indonesia. Wisata yang kita tuju adalah pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu yaitu Pulau Pramuka. Konon katanya dinamakan Pulau Pramuka karena dulunya sering digunakan sebagai tempat camping kegiatan pramuka. Ada sekitar 50 orang yang ikut berpartisipasi dalam wisata ke Pulau Pramuka ini, tidak hanya mahasiswa UI siapapun dapat ikut berwisata bersama kami. Namun, dalam wisata ini tidak sebatas hanya bersenang-senang tapi kami juga menekankan pada unsur kepedulian terhadap lingkungan. Sebelumnya saya dan teman-teman membentuk sebuah kepanitian kecil dan membuat poster untuk ajakan berwisata sembari peduli lingkungan setelah rangkaian acara ujian akhir semester berakhir. Kegiatan berwisata ini sebenarnya juga untuk ikut merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Saya sendiri pada waktu itu bertindak sebagai Ketua TKP yaitu orang yang bertanggung jawab atas Transportasi selama perjalanan ke Pulau Pramuka, menjaga Keamanan selama kegiatan wisata, dan mempersiapkan segala Perlengkapan yang dibutuhkan.

Tempat penginapan ketika di Pulau Pramuka
Sebagai sebuah pulau, banyak hal yang dapat wisatawan lakukan di sini seperti snorkeling, diving, kayaking, memancing, melihat penangkaran penyu sisik (bahasa latin : Eretmochelys imbricata), penangkaran kupu-kupu atau sekedar menikmati matahari terbit. Kami menyebrang ke Pulau Pramuka dengan menggunakan kapal yang berlabuh di Muara Angke, setelah sekitar satu jam lebih tidak terasa kami pun tiba di Pulau Pramuka. Kami kemudian mencari tempat penginapan yang sebelumnya telah dipesan yaitu di Wisma Shafir, sebuah tempat penginapan sederhana tapi nyaman untuk ditinggali. Setiba di Pulau Pramuka, sebelum menikmati keindahan Pulau Pramuka, kami pun berdiskusi terlebih dahulu kepada semua peserta untuk tidak melakukan hal-hal yang merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik, mengganggu ekosistem yang ada di Pulau Pramuka dll. O iya kami pun mewajibkan peserta yang ikut untuk mengenakan baju putih selama kegiatan. Setelah diskusi selesai kami pun bergegas mengunjungi tempat penangkaran penyu sisik yang ada di Pulau Pramuka. Disana kami menemukan mahluk hidup kecil dan mungil yang sayangnya populasinya semakin menipis.
Tempat penangkaran penyu sisik
Setelah mengunjungi penangkaran penyu sisik, kami pun berkesempatan untuk ikut serta melepas tukik alias bayi-bayi penyu ke lautan lepas. Seruuuuu pokoknya melihat tukik-tukik ini mulai menghentakan ke empat kakinya untuk berenang di lautan lepas. Semoga tukik-tukik yang kami lepaskan ini bisa hidup langgeng untuk mempertahankan spesiesnya supaya kelak tidak punah.
kesempatan untuk melepaskan penyu

Selain melepaskan para tukik ke lautan lepas, kami pun berkesempatan untuk turut serta dalam menanam terumbu karang di sekitar pantai Pulau Pramuka, tahukah anda bahwa terumbu karang merupakan struktur tertua di dunia dan butuh berjuta tahun untuk sampai ke kondisi terumbu karang saat ini. Oleh karena itu jangan merusak terumbu karang ya guys jika kalian berwisata ke daerah yang banyak terumbu karangnya.
usaha pelestarian terumbu karang
Setelah berpuas-puas ria dengan tukik dan terumbu karang yang ada di Pulau Pramuka, sisa hari pertama kemudian kami habiskan dengan melakukan snorkeling. Seruuuuu banget, karena ini merupakan kali pertama saya dan sebagian teman-teman melakukan snorkeling.
snorkeling bersama
Sedangkan malam harinya kita isi dengan sesi sharing, permainan dan barbeque sambil diiringi deburan ombak di sekitar Pulau Pramuka, keren pokoknya bisa melihat lampu kelap-kelip yang berada jauh di pulau-pulau lain yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. Jam 11 malam setelah makan bersama kami pun lekas pergi beristirahat untuk menyambut esok hari untuk menyanbut hari lingkungan hidup yang bertepatan jatuh pada tanggal 5 Juni.

Hari kedua, di pagi hari kami pun menikmati indahnya matahari terbit di Pulau Pramuka. Setelah itu, mengingat hari itu adalah hari lingkungan hidup dan banyaknya sampah bertebaran di sebagian besar pesisir pantai di Pulau Pramuka, kami pun serentak untuk mengadakan sesi bersih-bersih pantai di Pulau Pramuka dengan cara memunguti sampah-sampah yang bertebaran terutama sampah plastik.
sesi bersih-bersih pantai di P. Pramuka
bersih-bersih di pantai P. Pramuka

Setelah acara bersih-bersih pantai, kami pun lekas ke pananaman bakau untuk melihat pelestarian pohon ini. Tahukah anda bahwa vegetasi tanaman bakau merupakan pelindung jika terjadi suatu bencana, selain itu disekitar tanaman bakau juga merupakan tempat hidup hewan-hewan langka. Oleh karena itu, walaupun tujuan kita berwisata tidak lupa kita mengunjungi tempat pelestarian bakau. kami pun berkesempatan untuk menanamn pohon bakau di sekitar pantai di kawasan Pulau Pramuka. Seruuu bener-bener [EnjoyJakarta]
Penanaman bakau di Pulau Pramuka
Sebelum kami pulang pada jam 2 siang, selepas dhuhur kami pun membuat poster-poster sederhana untuk memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia dan kemudian mengeliling pinggiran Pulau Pramuka sambil bernyanyi dan sedikit berpidato untuk membangun kesadaran wisatawan dan penduduk yang ada di sekitar Pulau Pramuka untuk tetap peduli terhadap lingkungan dan menjaga ekosistem seutuh mungkin walaupun sedang dalam keadaan berwisata.
berkeliling pulau dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup
Iniliah cerita saya menikmati ujung utara Jakarta di Pulau Pramuka sembari peduli terhadap lingkungan setelah penat menjalani ujian akhir semester di kampus. Really EnjoyJakarta guyssss.....

1. waauuu,, wista yang sangat menarik ini,, pengen juga mengalaminyaa.. hehee

salam kenal yaaaa..

2. baca tulisan Pramuka ngingetin ane sewaktu SD ikut ekskul Pramuka Gan :D

3. assaalamualaikum, terimakasih infonya. baca artikelnya jd pengin berkunjung langsung euy. mantap!!!!!!!!!

4. wow... asyik kayaknya mas. nanti lah kapan-kapan saya berlibur ke situ juga . makasih infonya, inspiratif.

5. wah kayaknya seru yah mas... wisata sekaligus peduli lingkungan... luar biasa mas